KPUD PANGANDARAN GAET MEDIA SOSIALISASIKAN PROSES TAHAPAN PILKADA 2020

PANGANDARANNEWS.COM-Usai menerima pendaftaran dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, H. Jeje Wiradinata - Ujang Ending (JUARA) dan pasangan H Adang Hadari - H Supratman (AMAN), KPU Pangandaran langsung mengadakan rapat plenoterbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di tingkat Kabupaten Pangandaran, dalam pilkada 2020, bertempat di hotel  Pantai Indah Timur. (7/9)

Di hari yang sama usai menggelar rapat pleno tersebut, bertempat di aula KPU Pangandaran , KPU mengundang sejumlah awak media untuk melakukan sosialisasi dan mengumumkan baik tahapan yang sudah dilalui atau pun tahapan yang akan dilakukan, yang dihadiri sekitar 15 dari 35 wartawan yang diundang.

Kepada media, Divisi Perencanaan dan Informasi, Nor Azizah, sebanyak 320.456 DPS yang ditetapkan dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Kabupaten Pangandaran.
Nantinya, kata Nor, setelah ditetapkan menjadi DPS, KPU akan disosialisasikan pada tanggal 19 september 2020.

“Dalam tahapan ini juga ada sesen tanggapan dari masyarakat dan sesen uji publik,” Ujarnya.

Pada akhir sesen ini, imbuh Nor, KPU juga akan melaksanakan rekapitulasi DPS hasil perbaikan yang nantinya ditetapkan menjadi Daptar Pemilih tetap (DPT). Sedangkan  uji publik sendiri akan dilaksanakan setelah tanggapan masyarakat.

“Pelaksanaannya akan diumumkan tanggal 19 september, pada sepuluh hari masa tanggapan masyarakat tersebut nanti kita lakukan uji publik, “jelasnya.

Nor mengatakan, proses uji publik ini akan dilaksanakan di tingkat desa, tingkat PPS, dengan mengundang tokoh masyarakat serta pihak pihak terkait, prangkat desa serta mantan PPDP untuk diminta tanggapannya, apakah data yang diumumkan sudah data terbaik atau masih harus ada berubahan.

Sementara, Divisi Sosparmas dan SDM, Maskuri Sudrajat, menyampaikan ada dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftar ke KPU, diantaranya pasangan H Jeje Wiradinata - Ujang Endin Indrawan (JUARA) dan pasangan H Adang Hadari - H Supratman (AMAN).

Kata Maskuri, tahapan demi tahapan menjelang Pilkada 2020 hingga yang terakhir penerimaan pendaftaran pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati sudah melaksanakan dengan baik dan lancar, sekarang KPU tinggal menunggu hasil tes kesehatan yang langsung akan diperifikasi pada data berkas pendaftaran.

Maskuri juga bersukur, karena semua proses tahapan yang sudah dilaksanakan secara prinsif keseluruhan berjalan lancar tanpa kendala, walau seluruh kegiatan tahapan dilakukan secara terbatas karena tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

“Ada beberapa kebiasaan yang tadinya tidak dilakukan sekarang diterapkan, seperti penggunaan APD, mengurangi jumlah kerumunan masa dan lain-lain, “jelasnya lagi.

Ia menambahkan, beberapa tahapan untuk ke depannya seperti penetapan calon, pembagian nomer urut calon, masa kampaye damai hingga pelaksanaan pencoblosan, informasinya akan menyusul.

“Kami sangat menyayangkan awak media yang hadir dalam kegitan ini relatif sedikit, padahal KPU sudah mengundang seluruh wartawan liputan Pangandaran, “pungkasnya.(AGE)


Related

POJOK PEMILU 5629145946025293138

Posting Komentar

emo-but-icon

item