SEBUAH PATUNG ARCA DIDUGA PENINGGALAN SEJARAH, DITEMUKAN DI DESA KARANGNUNGGAL

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS- Dua pekan yang lalu tepatnya hari kamis tanggal 30 Juli 2020, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Kompol H. Asep Ishak, S.I.P, menuturkan, saat itu salah seorang anggotanya (Bripka Berni NH) sedang melaksanakan patroli cyber, menemukan salah satu postingan di media sosial (facebook) dari akun Yayat yang memposting sebuah foto yang diduga patung arca peninggalan zaman dahulu.

Saat itu Asep pun memerintahkan anggotanya untuk menindak lanjuti dengan cara melakukan pengecekan alamat pemilik akun tersebut yang berlokasi Kecamatan Karangnunggal, dengan tujuan untuk menanyakan dan meminta informasi tentang kebenaran atas postingan diakun facebooknya itu.

“Setelah kami cek ke lokasi di Desa Manyor Desa Karangnunggal, ternyata benar telah ditemukan benda yang diduga patung arca, “tutur Asep. (13/8)

Kata Asep, temuan patung arca tersebut ini ternyata sudah diketahui pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya melalui staf Bidang Kebudayaan, Cepi Luthfi dan Dede Rahmat. 

Setelah selesai melakukan pengecekan lokasi penemuan benda sejarah ini, Asep pun memerintakan anggotanya untuk segera mengamankan lokasi penemuan dengan memasang police line.

“Saya juga sudah bertemu dengan kedua pengggiat sejarah dari Dinaa Pendidikan di kantor Polsek, “imbuhnya.

Untuk proses penelitian lebih lanjut dari instansi terkait, lanjut Asep, maka benda yang arca dengan deskripsi tinggi 53 centi meter, lebar 26 centimeter, tebal 26 centimeter dengan bobot 50 kilogram, untuk sementara diamankan di polsek Karangnunggal. (ANWARWALUYO-ENDAH)







Related

TASIK NEWS 2235970796922148355

Posting Komentar

emo-but-icon

item