MENYUSURI KEINDAHAN GOA GUNUNGGEULIS DAN CURUG LUHUR DI KECAMATAN PANCATENGAH

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS-Di Kabupaten Tasikmalaya potensi serta kekayaan alam, masih menjadi daya tarik, karena hamir di setiap daerah masih kaya hamparan bukit dataran tinggi, laut, goa, sungai, gunung yang menjulang tinggi dan keindahan alam lainnya.

Sebut saja salah satunya yang ada di Kecamatan Pancatengah, sebuah goa yang ada di Kampung Cibengang Desa jayamukti, masyarakar sekitar menyebutnya Goa Cibogo Gunung Geulis. Goa ini konon sangat bersejarah meskipun baru viral pada saat ini, pasalnya goa yang tepat berada di kaki Gunung Geulis dan searah menuju lokasi air terjun Curug Luhur ini dulunya merupakan tempat persembunyian  pada masa DI/TII. 

Menurut seorang salah seorang warga sekiter, Teri Arya Bayanudin, goa Cibogo ini merupakan salah satu bukti sejarah dan peradaban pada masa lampau.

Dengan panjang sekitar 300 meter dan tinggi 2,5 meter, goa ini, kata Teri, mempunyai daya tarik sendiri untuk dijadikan tujuan wisata minat khusus dan bisa capai dengan kendaran roda dua mau pun empat.

“Untuk sepuluh orang pengunung nantinya akan ditemani oleh 3 orang pemandu disini, “terang Teri.(29/8)

Teri berharap, Goa Cibogo dan Air terjun Curug Luhur ini bisa menjadi destinasi wisata di Desa Jayamukti, sehingga ke depannya diharapkan ada sentuhan dari pengelola wisata dan pemerintah desa dalam penataan wisata alam ini. Seperti  perbaikan infrastruktur jalan dan sarana lainnya.

Dengan dibuat payung hukum Peraturan desa (perdes), nantinya usaha wisata ini bisa dikelola Bumdes, sehingga ia pun optimis kunjungan wisata ke goa Gununggeulis ini akan ikut mendongkrak perekomian desanya.

“Dan Pemkab Tasikmalaya sebaiknya lebih peka bahwa daerah kita sangat kaya dengan potensi wisata alam, tinggal bisa tidak pemkab mengelolanya, “pungkaasnya. (ANWARWALUYO-JAJANG)

Related

TASIK NEWS 1583480142044480415

Posting Komentar

emo-but-icon

item