CEGAH KONFILK SOSIAL MASYARAKAT, FKS GELAR PROGRAM KESERASIAN SOSIAL DI DESA CIKAWUNGGALING

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS-Ratusan warga Desa Cikawunggaling Kecamatan Cipatujah beramai-ramai menghadiri saresehatan Program Keserasian Sosial yang dilaksanakan Forum Keserasian Sosial (FKS), bertempat Kampung Jengkol Kedusunan Sukasri. (30/8)

Turut hadir dalam acaratersebut, diantaranya, perwakilan dari Dinas Sosial Propinsi Jawa barat, Dinsos PMDP3A KabupatenTasikmalaya, Muspika, pendamping program Jajang Nugraha S.kom, Kepala Desa dan pengurus FKS.

Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan covid 19, seperti menggunakan masker dan jaga jarak, masyarakat fokus mendengarkan paparan sejumlah narasumber, seperti dari Dinas Sosial Provinsi Jabar Dra. Enok Komariah M.Kes, Dinsos PMDP3A kab. Tasikmalaya, Rahmat Zaenal Mmutakin S.Pd, Camat Cipatujah Drs Darya, Pendamping Jajang Nugraha,S.Kom, Kepala Desa, pengurus FKS Guna Bakti.

Dalam paparannya, Drs. Ahwan Gumilar MM, mewakili Dinas Sosial Propinsi Jawa Barat, menjelaskan, program keserasian sosial merupakan salah satu program Kementerian Sosial RI dalam penanganan masalah konflik sosial yang bertujuan untuk menciptakan suatu tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis dilandasi oleh nilai dasar kebersamaan, toleransi, saling menghargai dan menghormati, sehingga dapat membangun, memantapkan dan mengembangkan serta memelihara kembali kehidupan bersama di antara anggota masyarakat.

Dan bentuk kegiatan keserasian sosial tersebut, imbuhnya, bisa berupa kegiatan fisik maupun non fisik dengan melibatkan unsur masyarakat.

 “Selain keterlibatan seluruh stakeholder, keterlibatan secara aktif masyarakat juga sangat dibutuhkan agar keberhasilan program keserasian sosial ini dapat terealisasi dengan baik,”ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Linjamso dan FM Pada Dinsos PMDP3A Kabupaten Tasikmalaya, Rahmat ZM ,S.Pd  yang didampingi pendamping program, Jajang Nugraha,S.Kom. menuturkan, selain membantu agar masyarakat terhindar dari masalah, program keserasian sosial ini juga sangat penting  untuk menyatukan masyarakat dan membantu masyarakat untuk bergotong royong dalam membangun kebersamaan masyarakat.

“Program Ini merupakan upaya bagaimana menyelaraskan serta mewujudkan kerukunan masyarakat dalam rangka memudahkan pelaksanaan program pembangunan,” ungkapnya.

Sementara kata Camat Cipatujah, Darya S.Ip,  pihaknya sangat bersyukur karena di wilayahnya saat ini ada dua desa yang tengah melaksanaan program keserasian sosial dari Kemensos RI, Desa Nagrog dan Cikawungading.

“Saya berharap dengan adanya program ini diharapkan dapat menciptakan kerukunan, merawat budaya gotong royong hingga penguatan silahturahmi dan kekeluargaan antar masyarakat.sesama, “kata Darya.

Masih di tempat yang sama, Kepala Desa Cikawunggading dan Ketua FKS Maju Jaya, Darjo, pihaknya mengucpkan terimakasih atas kepercayaan Kemensos RI, Dinsos Provinsi Jawa Barat dan Dinsos PMDP3A Tasikmalaya yang telah memberikan kepercayaan untuk melaksanakan program ini.

Alhamdulillah, dengan adanya program ini masyarakat Cikawungading bisa aman, nyaman, damai dan sejahtera, sehingga apa yang dikerjakan sekarang melalui semangat yang tinggi bisa terealisasi tanpa ada hambatan,”ujarnya.

Seperti diketahui, kegiatan ini juga merupakan bagian dari pelaksanaan Program Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kemensos RI di Kabupaten Tasikmalaya yang digelar melalui FKS Guna Bakti Desa Nagrog, diharapkan mampu mencegah konflik sosial khususnya yang disebabkan karena tidak terarahnya saluran air untuk persawahan dan warga rumahan.

 (UDIRUSTANDI-ANWARWALUYO)

Related

TASIK NEWS 4377696089095668849

Posting Komentar

emo-but-icon

item