BEBERAPA JENIS PENYU DITEMUKAN MATI DI PANTAI BATUKARAS PANGANDARAN

PANGANDARANNEWS.COM –Beberapa warga kaget setelah melihat sejumlah penyu mati di Pantai Batukaras Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran.(14/8)

Menurut salah seorang penangkar penyu, Giwangsari, ia menemukan ada 5 ekor bakai penyu  diduga akibat terbawa jaring nelayan. Karena, menurutnya, kejadian ini jarang terjadi dan jika terjadi pun pasti ada sesuatu penyebabnya.

Giwang menuturkan, salah satu alat tangkap nelayan rawe senggol (ratusan mata kail yang dipasang pada bentangan tali), pada alat ini biasanya beberapa hewan laut akan terkait pancing bila menyentuhnya.

Menurut Giwang, pada saat-saat sekarang biasanya penyu-penyu ini akan menepi ke pantai untuk bertelur.

“Pada bulan Juni hingga desember merupakan musimnya bertelur, “terangnya.

Ia berharap, para nelayan bisa ikut melindungi hewan ini dengan cara melakukan aktivitas penangkapn ikan dengan alat tangkap yang ramah lingkungan, karena penemuan bangkai penyu di perairan pantai Pangandaran kerap kali terjadi dan salah satu penyebabnya selain tersangkut jaring juga karena penyu-penyu tersebut memakan sampah plastik.

“Kelima bankai penyu yang ditemukan di pantai Batukaras ini terdiri dari 3 penyu tempayan 1 penyu hijau dan 1 penyu sisik, “jelas Giwang. (PNews)

Related

berita 1137453342387985816

Posting Komentar

emo-but-icon

item