PERPAJANGAN PSBB KOTA TASIK MENUAI PROTES WARGA ?

Nanang Nurjamil
TASIKNEWS-Dengan predikat menyandang status daerah level 4, atau zona merah dengan 13 daerah lainnya di Jawa Barat, Pemerintah Kota Tasikmalaya mengelaurkan kebijakan untuk memperpanjang Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) Jawa Barat hingga tanggal 29 mei 2020.

"Kita sudah putuskan Kota Tasikmalaya akan diperpanjang PSBB karena daerah kita ditetapkan masuk berstatus zona merah atau level 4, “jelas Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, Senin (18/5).

Kebijakan pemkot ternyata menuai berbagai komentar dari masyarakat Tasik, seperti yang disampaikan salah tokoh masyrakat, Ir. Nanang  Nurjamil.

Menurutnya, perpanjangan PSBB di Kota Tasik sangat kurang tetap karena dikhawatirkn kebijakan ini  akan membunuh ekonomi  masyarakar  kecil untuk mencari napkah

Kebijakaan ini juga, kata Nanang, dianggap bukan solusi terbaik karena hanya mengulur waktu tanpa mempertimbangan dampak lain yang ditimbulkan. Karena merujuk pada penerapan PSBB yang pertama, dampak ekonomi sangat terasa sekali. Seperti, banyak masyarakat kehilangan mata pencaharian akibat pemecatan yang dilakukan perusahaan karena menutup usahanya.

“Dan mereka yang dipecat pun sulit mencari pekerjaan pengganti di masa pandemi ini, “kata Nanang.(19/5)

Bukan hanya itu, lanjut Nanang, dampak dari pemecatan ini pun membuat lonjakan angka kejahatan serta tingginya tindakan kriminal akibat terpuruknya ekonomi  masyarakat, seperti  geng motor, begal dan bentuk kejahatan lainnya.

Seperti yang terjadi di kawasan jalan HZ Mustofa, angka kejahatan bulan iterus meningkat dibanding tahun lalu, dan itu hanyalah contoh kecil akbat merosotnya ekonomi sejak penerapan PSBB. Bahkan ia memprediksi akan ada dampak yang lebih besar ketika kebijakan PSBB diperpanjang bila tidak ditangani dengan baik.

Ia menambahkan, ini bisa jadi bom waktu dan tinggal menunggu kapan muncul kasus-kasus yang sama namun dalam jumlah yang lebih banyak, dan bantuan sosial yang disalurkan pemerintah pun  tidak bisa diandalkan dalam masa seperti  29 hari.

“Semoga  pemkot Tasik mau mengkaji  ulang perpanjangam PSBB. “tegas Nanang. (ANWARWALUYO)

Related

TASIK NEWS 5180564715838171212

Posting Komentar

emo-but-icon

item