PROGRAM DESA PARAKANHONJE TAHUN INI FOKUSKAN PADA SEKTOR PERTANIAN

TASIK NEWS-Membangkitkan perekonomi masyarakat desa dari sektor pertanian merupakan sasaran program desa di tahun 20202, dan ini sesuai dengan karakter dan mayoritas pencarian masyarakat sebagai petani.

Demikian dikatakanKepala Desa Parankahonje Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya, Abduloh, saat bincang-bincang dengan Pangandaran News.(6/4)

“Motivasi utama saya menjadi kepala desa adalah pengabdian pada warga, “ungkapnya.

Menurut Abduloh, nantinya sektor pertanian akan menjadi program unggulan dari semua program yang ada di Desa Parakanhonje. Dengan meningkatkan menejmen yang akan melancarkan ekonomi petani diharapkan bisa meningkatkan masyarakat yang rata-rata berpenghasilan dari pertanian.

Salah satunya, kata Abduloh, pengelolaan jagung untuk mendukung penernakan ternak kambing  dengan pola manajemen usaha  melalui kemitraan dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes),  karena selama ini para petani terkendala masalah permodalan dan pemasaran.

“Saat ini mereka banyak menggunakan jasa tengkulak, dengan bumdes ini diharapkan bisa jadi solusi dari permasalahan tersebut,”imbuhnya.

Abduloh menambahkan, dengan meningkatkan gairah pertananian diharapkan juga dapat menyediakan lapangan kerja bagi warga pedesaan. Dan sejalan dengan berkembangnya kegiatan ini,  proses pengolahan dan kegiatan jasa perdagangan komoditas primerpun diharapkan ikut berkembang dan juga meningkatkan nilai tambah serta perluasan diversifikasi produksi perdesaan sehingga pendapatan petani serta mempercepat akumulasi kapital pedesaan pun dapat tercapai.

Ia pun meyakini, dengan landasan sektor pertanian pada perkonomian yang berbasis agroindustri akan memberikan gambaran tentang perubahan basis pembangunan ekonomi saat ini, dan ini diharapkan akan menyelsaikan persoalan-persoalan yang selama ini ada di desa.

“Sekarang sudah saatnya pertanian menjadi perharian utama program yang ada di desa, karena ini dapat diformulasikan untuk mendukung percepatan pengentasan kemiskinan,”pungkasnya.(ANWARWALUYO)

Related

TASIK NEWS 8968818979062843295

Posting Komentar

emo-but-icon

item