TIM GABUNGAN DINAS SOSIAL DAN SAT POL PP KOTA TASIK JARING SEJUMLAH GEPENG DAN ANJAL

TASIKNEWS-Dalam razia tanggal 19 pebruari 2020 yang dilaksanakan tim gabungan Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tasikmalaya, berhasil menertibkan anak jalanan, gepeng, dan anak funk, diantaranya  8 orang anak funk yang ditertibkan di persimpangan Jati, laki-laki 4 orang dan perempuan 4 orang, gelandangan dan pengemis (gepeng) sebanyak 26 orang, laki-laki 17 orang dan 7 perempuan serta balita 4 Orang.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya Drs. H. Nana Rosadi A.Pt.,M.Si, dalam razia ini pihaknya pun bekerjasama dengan Puskesmas Tamansari untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes HIV/AID, dan dengan BNN untk memeriksa /cek narkoba kepada sejumlah anak funk dan anak jalanan (anjal).

“Untuk anak funk ada pembinaan selama tiga hari di rumah singgah setelah mereka dimandikan dahulu biar lebih segar, dan ada pembinaan rohani, dan diajak jalan-jalan ke Keris Nantung, “kata

Nana yang didampingi Kasi Rehabilitasi, Tuna Sosial dan Napza Dinas Sosial Kota Tasikmalaya, Nining Rukmini. 

Nining menambahkan, mayoritas anak jalanan dan pengamen yang terjaring berasal dari luar daerah, seperti Kota Banjar, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya. 

Menurutnya, Kota Tasikmalaya mungkin dianggap menjanjikan, bahkan diantara yangterjaring ada yang rela mengontrak rumah dari luar daerah untuk menekuni profesi tersebut.

"Dari 34 itu juga ada empat balita, kasihan juga harus berpanas-panasan dan kehujanan, makanya kami terus dilakukan pembinaan agar mereka tak kembali ke jalan," ujarnya.

Sementara kata Kabid Trantibum Dinas Satpol PP dan Damkar Yogi Subarkah, kedelapan anak funk tersebut langsung dites urine oleh BNN termasuk empat di antaranya pengamen yang mangkal di persimpangan lain.

“Dan dari hasil tes urine kebanyakan mereka mengonsumsi obat-obatan terlarang seperti saledril, mextril dan sejenis lainnya,"terang Yogi. (ANWARWALUYO-JAJANG)

Related

TASIK NEWS 1666902101294638313

Posting Komentar

emo-but-icon

item