PREDIKSI TAHUN INI TARGET RETRIBUSI DARI SEKTOR IMB SULIT DICAPAI, INI ALASANNYA

PANGANDARAN NEWS-Pendapatan Asli Daerah (PAD)  Kabupaten Pangandaran dari sektor pajak dan retribusi, tahun 2019 lalu capaiannya masih belum sesuai target, hanya Rp 117 milyar dari target sebesar Rp 144 milyar (81,25 %), dan salah satu penurunan paling drastis dari retribusi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), capaiannya hanya Rp 1,5 milyar (50%) dari target Rp 3 milyar.

Kepala Bidang Perijinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kabupaten Pangandaran, Salimin membenarkan, penurunan tersebut dikarenakan jumlah petugas yang sedikit karena memang biaya operasional yang minim.

"Kami sangat kekurangan petugas karena kami harus menyesuaikan dengan biaya operasional yang ada, "katanya. (21/02)

Dikatakan Salimin, tahun-tahun sebelumnya retribusi IMB bisa mencapai target 100%, bahkan pernah hingga 300%, karena saat itu banyaknya investor yang masuk, sehingga banyak pengusaha yang membangun, antara lain pendirian usaha Java Confeed (usaha peternakan ayam-red) yang secara tidak langsung sangat mendukung tercapainya target.

Salimin menambahkan, tahun  ini ia merasa pesimis bisa mencapai target lagi karena retribusi dari sektor IMB tahun 2020 ditargetkan sebesar Rp 7 milyar.

Disoal kenapa pesimis, menurutnya, karena tahun ini alasannya selain faktor yang ia katakan di atas juga karena diperkirakan investor yang masuk ke Pangandaran pun berkurang.

“Namun walau pun begitu kami akan bekerja optimal walau pun mungkin hasilnya nanti tidak 100%,  "tandasnya.  (AGE)

Related

berita 794114749586602698

Posting Komentar

emo-but-icon

item