BUMDES SINGAJAYA TANGKAP PELUANG USAHA LEWAT ONLINE SHOOP

Kepala Desa Singajaya, Daden Alek Solihin
TASIKNEWS-Dunia internet kini bukan lagi merupakan barang mewah namun sudah menjadi sebuah kebutuhan yang penting dimasyarakat. Dengan keberadaan internet di desa tentunya sangat vital,  karena dengan IT percepatan pembangunan di desa bisa diakses langsung tak terhalang ruang dan waktu, seperti untuk menyebarkan informasi potensi desa, baik keragaman budaya, wisata dan kuliner ke masyarakat yang lebih luas.

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Karya Mukti Desa Singajaya Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya, membidik peluang bisnis dengan membentuk usaha jasa penyedia layanan internet. Desa yang merupakan hasil pamekaran dari Desa Parung tahun 1980 ini,  hasil dari  pengembangan usaha penyediaan Wireless Fidelit (wifi) milik Bumdes ini tercatat pelanggannya sudah mencapai 200 orang.

Seperti dikatakan Kepala Desa Singajaya, Daden Alek Solihin, IT (Informasi Teknologi) di desanya menjadi peluang bisnis bagi pengembangan Bumdes dan alih teknologi penggunaan internet pun bisa menjadi solusi tepat untuk pemasaran produk usaha yang ada di desa.

Kehadiran Internet di desa, kata Deden, menjadi sebuah peluang usaha untuk menggali beberapa potensi meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan internet yang sudah merambah kampung, warga pun kini dapat memanfaatkannya untuk peluang usaha", paparnya, saat ditemui PNews di kantor desa. (21/2)

Ia menambahkan, hasil produk Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan Bumdes pun sekarang dapat  dipasarkan lewat online shoop, seperti produk kuliner olahan gula merah dan kopi hasil dari  pertanian..

"Salah satu produk usaha rakyat yang dipasarkan lewat online shop berupa olahan bumbu praktis yang dikemas secara tradisional,"ujarnya. (RUSDIANTO)

Related

TASIK NEWS 7746332105666675499

Posting Komentar

emo-but-icon

item