BRI CABANG TASIKMALAYA GAET PELAKU UMKM CIHAURBEUTI GELAR SOSIALISASI KUR 2020

CIAMIS NEWS-Bertempat di aula Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, BRI kantor Cabang Tasikmalaya dan Ciamis minggu lalu melaksanakan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2020, yang dihadiri Camat Cihaurbeuti, para kepala desa, pengusaha, pelaku UKM, Asinten Manager dan Pemasaran BRI Kantor Cabang Tasikmalaya-Ciamis, kepala Unit BRI Cihaurbeuti dan tamu undangan lainnya. (28/01)

Dalam kesempatan sambutannya, Camat Cihaurbeuti, Drs.H.Erwin Hermawan, mengatakan, potensi pengembangan ekonomi di wilayah Cihaurbeuti perlu perhatian bersama untuk meningkatkan seluruh potensi yang ada didalamnya, pasalnya warga Cihaurbeuti banyak yang menjadi pelaku usaha, baik industri rumahan, olahan makanan ringan, kerajinan dan UKM lainnya. Sehingga diharapkan melalui sosialisasi ini bantuan dari pihak perbankan melalui KUR yang diluncurkan BRI akan mampu mendongkrak potensi yang ada.

“Dan tentunya menjadikan BRI sebagai mitra usaha mereka, “ungkap Erwin.

Sementar menurut Asisten Manager dan Pemasaran BRI Cabang Ciamis, Heri SE, program KUR merupakan bantuan murni pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan modal usaha sehingga  KUR dapat dirasakan manfaatnya para pelaku UKM.

Plafon KUR di tahun 2020 ini, kata Heri, ada peningkatan, dan untuk BRI unit Cihaurbeuti dalam pelayanan pinjamannya hanya mencakup 6 desa yang berada di Kecamatan.Cihaurbeuti. Pasalnya,  BRI unit Cihaurbeuti ini merupakan anak cabang BRI Tasikmalaya.

“Kami berharap program KUR ini dapat tercapai dan terwujud sehingga mampu meningkatkan dunia UKM, dan tentunya juga dapat membuka peluang usaha sehingga bisa menambah lapangan pekerjaan sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan. “ujar Heri.

Hal senada dikatakan Asisten Manager dan Pemasaran BRI Cabang Tasikmalaya, Trisno, program sosialisasi KUR di Jawa Barat ini harus dilakukan di setiap kecamatan dan harus selesai pada bulan januari tahun ini. Dan untuk Kantor cabang Tasikmalaya dan Ciamis sudah selesai, dengan sasaran utamanya untuk meningkatkan usaha para pelaku UMKM.

“Intinya program KUR ini bagi mereka yang sudah memulai usahanya minimal 6 bulan, pihaknya baru bisa  memberikan kredit atau pinjaman sepanjang usahanya layak dan produktif, “tuturnya.

Adapun Kisaran flapond pinjaman KUR, imbuh Trisno, bisa mencapai Rp 50 juta bahkan lebih  disesuaikan dengan kemampuan usaha serta dilakukan secara bertahap.

Diharapkan setelah sosialisasi ini, lanjutnya, masyarakat semakin mengerti dan bisa memanfaatkan proses ini yang pada gilirannya akan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat, karena kalau pelaku UMKM meningkat tentunya akan berdampak pada penambahan tenaga kerja.

Tri juga mengatakan, KUR ini bertujuan sebagai modal kerja dan investasi yang diperuntukan bagi usaha perorangan maupun kelompok, seperti pertanian, perikanan, pariwisata dan lainnya, karena persaratan mendpatkan KUR relatif mudah hanya dengan KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Buku Nikah.

“Dan tentunya KUR diperuntukan bagi masyarakat yang memiliki usaha yang jelas, dan disamping itu BRI juga memiliki program tabungan Simpedes dan lainnya yang manfaatnya selama ini sudah dirasakan langsung masyarakat. “pungkas Trisno. (OD)

Related

TASIK NEWS 6521137694062052609

Posting Komentar

emo-but-icon

item