GEMPA SKALA 4.8 SR TADI PAGI ROBOHKAN RUMAH SUPRIATI DI SODONGHILIR

TASIKNEWS-Dampak gempa bermagnitudo 4,8 yang terjdi sekitar 05.00 dini hari tadi (9/1) di wilayah Tasikmalaya telah mengakibatkan sebuah rumah milik Supriati (45) di Dusun Simpang Gunung Bubut RT 017 RW 009 Desa Pakalongan Kecamatan Sodonghilir ambruk.

Menurut Kanit Intel Polsek Sodonghilir, Bripka Davit Andriawan, Desa Pakalongan, akibat kerusakan rumah tersebut diperkiraka korban mengalamikerugian pulahan juta.

“Namun beruntung tidak ada korban jiwa karena pada saat kejadian korban sedang berada di rumah sodaranya,“ungkapnya.(9/1)

Sementara Kepala Desa Pakalongan, Nunung, dengan sigap melakukan tanggap bencana dengan memberikan beberapa kebutuhan sembako.

“Kami bersama warga dengan dbantu anggota polsek dan koramil pun segera membersihkan puing-puing di lokasi rumah korban, “ucap kades.

Sementara menurut data yang dirilis BMKG, gempabumi tektonik magnitudo 4.8 yang mengguncang wilayah Tasikmalaya dan daerah sekitarnya ini pada hari kamis (9/1), tidak berpotensi tsunami.

Dari hasil analisis BMKG menunjukkan, gempabumi berkekuatan M4.8 berpusat pada koordinat 8.10 LS 107.95 BT, tepatnya pusat gempa berada di laut pada jarak 54 km barat daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 11 Kilometer.

Ditinjau dari lokasi pusat gempa (epicenter) dan kedalaman hiposenternya, merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Iempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Iempeng Eurasia.

Dari laporan peta tingkat guncangan (Shakemap) serta laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan hingga ke wilayah Tasikmalaya dan Ciamis dengan Skala Intensitas III MMI, Garut dan Cianjur II-III MMI.  (RUSDIYANTO-MAMAT R).

Related

TASIK NEWS 9185815022544182128

Posting Komentar

emo-but-icon

item