AKIBAT DIGUYUR HUJAN, TERJADI LONGSOR DI KECAMATAN SODONGHILIR

TASIKNEWS-Akibat hujan lebat yang turun beberapa jam pada hari kamis (09/1), telah mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik di wilayah Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya.

Bencana longsor tersebut terjadi, antara lain di Desa Sukabakti, di sawah milik warga Dusun Cigugur, hingga sebagian tanah longsorannya menutup akses jalan utama menuju ke Desa Sukabakti serta
longsor di Kp.Nangewer lonsor juga menimpa rumah bagian belakang milik Hari Haryadi (38) yang mengakibatkan kerusakan pada atap dapur.

Di Desa Cukanjayaguna, kejadian longsor terjadi di Dusun Binong menimpa rumah milik Dede Badri (35) di  Rt 031 Rw 014,  hingga mengakibatkan kerusakan pada bagian atap dan tembok belakang.

Bencaa longsor juga terjadi di Desa Cikalong, menimpa rumah Ade supyana (35) mengaikbatkan  kerusakan pada atap dan dinding pada bagian belakang rumah.

Tanah longsor juga menimpa rumah berukuran 5 x 7 meter milik Ihah (40) di Dusus milik Ihah(40)  dan rumah keluarga Jaliah, di Dusun Taringgul Rt 001 Rw 015 Desa Sepatnunggal.

Sementara di Desa Sodonghilir longsor terjadi hingga menutup jalan di Dusun Manjata Desa Sodonghilir.

Menurut Kapolsek Sodonghilir, Akp Mochamad Sapar, saat ditemui di lokasi bencana, walau tidak ada korban jiwa tapi kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan juta.

Dikatakan Sapar, pihaknya bersama koramil, perangkat desa dan masyarakat, melakukan langkah-langkah atisipatit, seperti membersihkan material longsoran di rumah-rumah warga yang tertimpa bencana serta infratruktur jalan.

Sapar juga menghimbau kepada seluruh warga agar tetap waspada, terutama yang lokasi rumahnya dekat dengan titik longsoran.

“Sebaiknya untuk sementara agar mengungsi dulu ke rumah saudara atay tempat yang lebih aman, “ujarnya.

Sapar menambahkan, longsor yang terjadi di beberapa titik lebih diakibatkan karena tanahyang longor tersebut mengalami keretakan sehingga pada saat musim penghujan air pun langsung meresap ke dalam rekahan tanah sehingga tanh pun menjadi labil.

Untuk mengatisipasi longsor susulan dari tebing persawahan milik warga , untuk sementar pemdes telah memberi tanda dilarang melintas di titik jalan yang mengalami longsor akses jalan menuju Desa Sukabakti, sambil terus membersihkan sisa-sisa longsoran dengan dibantu anggota polsek, koramil dan masyarakat. (MAMAT R)

Related

TASIK NEWS 7390019781532808185

Posting Komentar

emo-but-icon

item