SAMBUT PILKADA TAHUN 2020, BAWASLU PANGANDARAN TINGKATKAN KERJASAMA DENGAN MEDIA

KALIPUCANG-Meningkatkan sinergitas antara bawaslu dan peran media menjadi penting, karena dalam tugasnya bawaslu ada keterbatasan pada pengawasan pelaksanaan baik itu pemilu, pilpres atau pun pilkada. Sehingga peran serta media bisa menjadi partner baik dalam proses pemilihan tersebut atau peran untuk mengedukasi masyarakat berdemokrasi yang baik dan sehat.

Demikian disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Iwan Yudiawan, pada acara “Media Gathtering Bagi Bawaslu Pangandaran Kabupaten Pangandaran dan Media Masa” yang dilaksanakan Karapyak Gampling, Desa Bagolo Kecamatan Kalipucang.(17/11)

Menurut Iwan, media sebagai pilar demokrasi sangat dinanti dalam memberikan layanan informasi kepada publik, sehingga dengan gencarnya sosialisasi, pengawasan dan edukasi yang dilakukan media bisa mencegah terjadinya pelanggaran yang disebabkan karena ketidaktahuan di masyarakat.

“Inilah pentingnya kami di bawaslu bersinergi dengan media, “ungkap Iwan.

Iwan mengatakan, pelaksanaan kegiatan Media Gathering yang dilaksanakan hari ini bertujuan agar tujuan pemilu tanpa ekses bisa tersampaikan pemahamannya melalui optimalisasi komunikasi publik.

Selain untuk tetap menjalin kemitraan serta membina hubunganyang media, kata Iwan, media gathtering juga untuk mengetahui evaluasi pemberian informasi sebagai bentuk press gathering yang dilakukan Bawaslu dengan upaya tetap menjalin hubungan baik dengan media serta untuk evaluasi pemberitaan pada penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Pemilu tahun 2019 yang dilakukan media massa.

“Tujuan lain, untuk mensosialisasikan persiapan pengawasan pada Pilkada 2020 dan  sosialisasi persiapan penanganan pelanggaran pada Pilkada 2020, “ucap Iwan.

Masih di tempat yang sama, Kepala Sekretariat Bawaslu Pangandaran, Apep, dalam sambutannya menyampaikan, latar balakang kegiatan media gathering merupakan salah satu kegiatan media relations yang dilakukan sebuah lembaga atau organisasi untuk menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan media.

Media Gathering, menurut Apep, dapat dikatakan sebagai salah satu kegiatan komunikasi informal yang dilakukan lembaga dengan media dengan tujuan untuk mempemrat hubungan dan kemitraan serta menjalin ralasi melalui pertemuan informal dengan satu tujun untuk pemberikan informasi, untuk diinformasikan kembali kepada masyarakat luas melalui tayangan atau berita yang dimuat media masa.

Secara esensial, lanjut Apep, pemahaman Media Gathering ini merujuk pada tujuan untuk mendapatkan hubungan baik dengan para pelaku awak media untuk menempatkan informasiinformasi panting yang dinilai panting untuk disampaikan ke publik. (PNews)

Related

POJOK PEMILU 3345042854318335982

Posting Komentar

emo-but-icon

item