KUNJUNGAN MENSOS KE PANGANDARAN UNTUK CANANGKAN PKSB DAN BERI BANTUAN LOGISTIK

KALIPUCANG-Sekitar 1850 orang, diantaranya dari Siswa Tagana Masuk Sekolah, Tim Pengurus Kawasan Siaga Bencana, Tagana Provinsi Jawa Barat, Tagana Provinsi Jawa Tengah, undangan mitra kerja,  stakeholder lainnya dan  warga masyarakat, pagi tadi (22/11) berkumpul di lapangan sepak bola Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran, untuk mengikuti apel  Kegiatan Pencanangan Kawasan Siaga Bencana (PKSB), yang dihadiri Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara, Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, Wakil Bupati, H. Adang Hadari dan pejabat lainnya di  lingkupPemkab Pangandaran.

di deoan seluruh peserta apel, Menteri Sosial, Juliari P. Batubara, menyampaikan, Indonesia berada pada wilayah rawan bencana, sehingga semuanya harus selalu siap siaga.

“Pencanangan KSB di Pangandaran ini untuk memperkuat mitigasi bencana, oleh karena itu saya ingin semua pihak kompak dan benar-benar siap apabila suatu saat terjadi bencana,"kata Mensos.

Dan kegiatan PKSB ini, lanjut Julian,  merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI pada Rakornas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tanggal 24 Juli 2019, yang bertujuan agar semua pihak sensitif dan antisipatif terhadap bencana.

Dalam pidatonya, Julian juga sempat bertanya kepada perwakilan KSB dari Pangandaran, Kebumen dan Cilacap, apakah semuanya sudah benar-benar ready, kehadiran di Pangandaran sekarang pun, menurutnya, untuk mencanangkan simulasi kawasan siaga bencana di pantai selatan jawa sesuai instruksi Presiden.

Pada kesempatan lain, menteri Sosial pun berkesempatan memberikan bantuan logistik secara simbolis, sebesar Rp 2,3 milyar, dengan rincian bantuan bufferstock penanggulangan bencana untuk Provinsi Jawa Barat senilai Rp1,1 miliar dan untuk Provinsi Jawa Tengah ssebesr Rp1,2 miliar.

Jenis bantuan yang diberikan mencakup Makanan Anak 3.780 paket, Mie Instan 60.360 bungkus, Tenda Serbaguna Keluarga 8 unit, Tenda Gulung 980 lembar, Kasur 490 unit, Velbed 490 unit, Family Kit 490 paket, Kids Ware 490 paket, Food Ware 490 paket, Peralatan Dapur Keluarga 490 Paket, Paket Sandang 90 paket, Warepack Tagana 50 paket, Perlengkapan Tagana 50 paket.

Masih di tempatyang sama, Bupati Pangandaran. H Jeje Wiradinata, saat ditemui awak media, menyampaikan, semuanya harus bisa hidup damai di daerah rawan bencana, karena bencana itu sudah takdir dari Tuhan.

“Tapi kalau bencana banjir dan longsor itu bisa diantisipasi karena itu merupakan  ulah tangan manusia. “ucap Jeje.

Jeje juga mengapresiasi kunjungan Menteri Sosial, karena baru sekitar satu bulan dilantik menjadi menteri, sudah mau datang Pangandaran. (PNews)

Related

berita 7409576535849975450

Posting Komentar

emo-but-icon

item