CUPA CUPA, MAKANAN RINGAN KHAS PANGANDARAN BERBAHAN BAKU UDANG, CUMI DAN KEPITING

PARIGI-Cupa Cupa menjadi salah satu produk kuliner unggulan yang ikut peserta pameran dalam kegiatan Gelar Produk dan Temu Bisinis UMKM Juara 2019, di lapang alun-alun Parigi Kabupaten Pangandaran.(17/10)

Cupa Cupa adalah jenis makanan berbahan baku cumi, kepiting dan udang, salah satunya yang diproduksi Vania, warga Kecamatan Pangandaran.

Menurut Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari, atas nama warga Pangandaran pihaknya merasa bersyukur sekaligus, karena di ada warga yang menerima hasil tangkapan nelayan, sehingga ini sangat membantu penjualan hasil tangkap para nelayan.

“Setelah dicoba rasanya enak, gurih dan renyah, “ungkap Adang.

Ke depannya Adang berharap, agar perusahaan ini tidak hanya bisa terkenal di luar Pangandaran saja, sebaiknya warga Pangandaran pun mestinya bisa ikut konsumsi Cupa Cupa ini.

“Dan jika ada kesempatan bisa saja cupa ini jadi komoditas untuk diexport keluar negeri, "ujar wabup.

Di tempat yang sama pemilik perusahaan Cupa Cupa, Vania, menerangkan, perusahaannya ini didirikan sekitar tiga tahun lalu, setelah menyelesaikan kuliahnya.

“Produksi cupa yang saya kelola ini benar-benar berangkat dari nol, setelah selesai kuliah saya pun sekarang lebih fokus untuk membangun usaha ini dan sekarang produk cupa cupa ini saya pasarkan ke Bandung, Tasikmalaya dan kota lainnya di Jawa barat. “terang Vania.

Dikatakan Vania, awal produksinya dibantu ibunya, lalu dicoba masak di rumah dengan beberapa varian berbahan baku cumi, udang dan kepiting. Karena memang bahan ini cepat membusuk, lalu timbul pemikirannya agar bisa dipasak awet dan tahan lama tapi mesti tetap enak dimakan.

Beberapa kali percobaan, menurut Vania, pernah dilakukan, hingga bulak-balik Bandung-Pangandaran untuk mengurusi ijin usaha, termasuk untuk uji uji lab.

“Setelah itu lalu saya buatkan kemasan berikut brandingnya, ya seperti inilah sekarang, " kata Vania sambil menunjukan bungkusan makanan olahannya.

Vania menambahkan, untuk produksi Cupa Cupa, ia menerima bahan baku udang, kepiting dan cumi dari nelayan Pangandaran sekitar 3 kwintal per hari.

“Jika ingin lebih jelas silahkan datang ke alamat saya di jalan Raya Cijulang km. 3 Pangandaran.” pungkasnya. (ANTON AS).

Related

berita 4465812746682638694

Posting Komentar

emo-but-icon

item