BATIK DAHON ECOPRINT PANGANDARAN BERBAHAN PEWARNA RAMAH LINGKUNGAN

PARIGI-ketika isu lingkungan mulai bergulir, maka pembuatan batik yang selama ini menggunakan kimia sebagai zat pewarna akhirnya pembuatan  batik ecoprint berbahan baku buah palem (dahon) pun menjadi  solusinya.

Demikian diterangkan Elin Herlina, seorang kreator pembuatan batik berbahan baku pewarna dari pohon dahon (sejenis pohon dari keluarga palem yang biasa tumbuh di tepi sungai daerah pesisir pantai), saat ditemui PNews di arena pameran gelar produk temu bisnis di lapang Parigi Kabupaten Pangandaran.(17/10)

Menurut Elin, bahan pewarna sintetis zat kimia dapat menimbulkan pencemaran pada lingkungan sekitar dan berbahaya. Tapi dengan menggunakan pewarna dasar dari kulit buah dahon dan kulit buah-buahan lainnya juga kulit kayu dan biji-bijian ternyata bisa menghasilkan warna alami yang tak kalah indah bagud dan  indah.

“Produksi ecoprint batik kami pun menggunakan bahan alami tersebut, sedangkan motifnya menggunakan berbagai daun baik yang sudah gugur maupun yang masih segar, “terangnya.

Lebih lanjut Elin menjelaskan, buah dahon merupakan buah dari tanaman pohon palem atau pohon nipah yang biasa hidup tumbuh di sekitaran sungai berair payau dan di hutan mangrove,
kulit buah dahon ini sangat bagus dan berkualitas jika digunakan sebagai pewarna ecoprint batik.

Elin menambahkan, prosesnya pembuatannya dengan cara extrasi, namun, lanjut Elin, bahan yang telah diproses terlebih dulu dengan cara dicelupkan kedalam larutan pewarna kulit buah dahon.

“Jika untuk motif bisa mendesign sesuai selera, “terang Elin lagi.

Proses pembuatan satu lembar kain batik ini, lanjutnya, memerlukan waktu sekitar tiga hari. Jadi bila tertarik untuk menyaksikan prosesnya silahkan datang langsung ke rumah produksinya di samping Kantor Desa Margacinta Kecamatan Cijulang.

Elin juga mengatakan, harga penjualan batik produksinya dijual variatif sesuai dengan bahan kain juga sesuai dengan tingkat kesulitan pewarnaannya, mulai dari harga Rp200 ribu hingga jutaan rupiah untuk batik berbahan kain sutra, dan untuk produk yang tersedia dalam bentuk bahan pakaian untuk pria dan wanita, Toots bag, sarung bantal dan shirts,

“Sekarang ini selain kami jual di rumah, penjualan batik dahon ini juga dijual melalui online "ungkapnya. (ANTON AS).

Related

berita 3862919823818946959

Posting Komentar

emo-but-icon

item