UNESCO PERLU TETAPKAN PANGANDARAN MASUK KAWASAN GEOPARK

Dr. H. Undang Sohbarudin
PANGANDARAN-Geological Park (geopark) merupakan kawasan yang memiliki unsur-unsur dan  taman geologi atau taman bumi dimana masarakat setempat juga  berperan untuk melindungi dan meningkatkan fungsinya.

Geopark (Taman Bumi) juga menjadi sebuah area terpadu yang memiliki fitur geologi yang signifikan yang dikelola menggunakan konsep konservasi, pendidikan, dan pengembangan keberlanjutan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Drs. H. Undang Sohbarudin, saat diminta tanggapannya terkait kajian UNESCO (United Nation Educational, Scientific and Cultural Organizational), salah satu badan dari PBB yang beridir sejak tahun 1945, khusus untuk mengurus pedidikan, keilmuan dan kebudayaan, harus memasukan Pangandaran menjadi salah satu Geopark.

Menurutnya, keberadaan Geopark sendiri bukan hanya sebagai tempat wisata yang tidak memberikan nilai positif, tapi keberadaan geopark diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan guru yang akan memberikan pelajaran pada masyarakat terhadap isu-isu lingkungan yang dihadapi saat ini, seperti penggunaan sumber daya alam, pemanasan global dan mitigasi bencana alam.

Dan UNESCO, kata Undang, yang bertujuan mendukung perdamaian dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama antar negara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berdasarkan keadilan dan peraturan hukum, juga menjadi lembaga yang meluncurkan program Global Geopark memiliki tujuan untuk menjalin kerjasama dan memberdayakan komunitas lokal untuk mencapai satu tujuan utama yaitu mempromosikan fitur geologi yang ada di lingkungan mereka melalui kegiatan pariwisata yang berkelanjutan, menjaga kelestarian dan keindahan fitur geologi di lingkungan mereka, meningkatkan kreativitas komunitas lokal dalam membangun usaha, sehingga nantinya keberadaan Geopark membuka pintu kesempatan baru bagi masyarakat lokal untuk terjun ke dunia pariwisata.

Undang yang ditemui di ruang kerjanya (23/4) juga mengatakan, wilayah yang ditunjuk UNESCO berisi satu atau lebih situs serta  memiliki kepentingan geologis tertentu, dimaksudkan untuk melestarikan warisan geologis dan mempromosikan kesadaran publik akan hal itu.

“Dan itu biasanya melalui sektor pariwisata. “ujarnya.     (ANTON AS)

Related

Wisata 6385158891262515348

Posting Komentar

emo-but-icon

item