WOW KEREEEN...! KERAJINAN PANGANDARAN BISA TAMPIL DI INACRAFT 2018

PANGANDARAN-Sejumlah produk unggulan dari Kabupaten Pangandaran turut hadir di pameran produk kerajinan Internasional di ajang Jakarta International Handcraft Trade Fair (Inacraft) 2018 di Gedung Jakarta Convention Center (JCC) yang dilaksanakan dari tanggal 25 hingga 30 April 2018.

Produk-produk unggulan asal Pangandaran ternyata banyak menarik perhatian pengunjung, seperti produk batik dan tas daun gebang, kedua kerajinan tersebut menjadi produk yang paling laris dibeli pengunjung termasuk turis asing pun banyak yang berbelanja di stan Pangandaran.

Seperti diungkapkan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan selaku mentor UMKM Kabupaten Pangandaran, H. Teddy Sonjaya, saat dihubungi PNews lewat telepon cellulernya, mengatakan, ia bersyukur ternyata produk kerajinan Pangandaran bisa mengisi salah satu stan yang disponsori Bank Negera Indonesia (BNI) melalui program Rumah Kreatif BUMN (RKB) dan KADIN Pangandaran.

“Pada kesempatan kali ini, kerajinan kujang, senjata tradisional khas Jawa Barat, dan anyaman daun pandan gebang menjadi ikon kerajinan Pangandaran yang ditampilkan Inacraf tahun ini." ungkapnya.(29/4)

Dikatakan Teddy, selain kedua kerajinan tersebut, turut juga dipamerkan batik khas Pangandaran serta aneka kerajinan anyaman bambu, gebang dan hata.

Sementara sebagai atraksi budaya, lanjutnya, stan RKB Pangandaran menampilkan pengrajin anyaman bambu, Mang Koko, yang menggelar demo cara pembuatan anyaman.

“Kami merasa bangga kehadiran produk-produk unggulan Kabupaten Pangandaran bisa tampil dalam ajang bergengsi inacraft 2018 ini. “katanya lagi.

Teddy menambahkan, ini semua menandakan geliat perkembangan UMKM di Kabupaten Pangandaran, khususnya di bidang kerajinan, semakin diakui di berbagai even.

Lebih jauh Teddy mengatakan, dalam gelaran seperti ini pihaknya tidak terlalu berharap banyaknya transaksi penjulan, tapi yang paling penting pelaku UMKM dari Pangandaran bisa belajar banyak bagaimana cara mendapatkan buyer serta bisa membawa pulang ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya.

“Saya berharap lewat ajang bergengsi ini bisa memberikan inspirasi untuk meningkatkan daya kreatifitas yang bisa menghasilkan produk-produk unggulan lainnya. "imbuh Teddy.

Kegiatan Inacraft 2018 ini dibuka langsung Wakil Presiden RI, M.Jusuf Kalla, menurut Teddy, ini merupakan kali ke 3 KADIN Pangandaran menjadi pesrta di JCC, dan ini sangat penting untuk pengembangan industri kerajinan tangan di Pangandaran agar bisa unjuk gigi di tingkat nasional serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat kreatif. (PNews)





Related

berita 2930156427105824338

Posting Komentar

emo-but-icon

item