KUNJUNGAN KE KJA OFFSHORE DAN PERUMAHAN NELAYAN JADI RANGKAIAN KUNJUNGAN PRESIDEN DI KABUPATEN PANGANDARAN

PANGANDARAN-Setelah sebelumnya gagal melakukan perjalanan melalui udara karena terkendala cuaca buruk, akhirnya kunjungan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo pun dilakukan melalui jalan darat dari kunjungannya sehari sebelumnya ke Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah.

Dalam kunjungannya, presiden ke 7 Indonesia ini melakukan serangkaian kegiatan, seperti bertemu langsung para nelayan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang Desa Babakan Kecamatan Pangandaran, melihat langsung keramba Jaring Apung (KJA) offshore di tengah laut sekitar 8 mil dari pantai dan mengunjungi perumahan nelayan di Desa Pangandaran.

Dalam pertemuan dan dialog langsung dengan para nelayan, menanggapi keinginan sejumlah nelayan terkait pengerukan di sungai Citanduy dan PPI Cikidang, Presiden yang akrab dipanggil Jokowi ini pun langsung memerintah Menteri PUPR agar segera melakukan pengerukan.

 “Tidak usah lama-lama dan dilihat dulu, langsung kerjakan. “kata presiden, yang disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir. (24/4)

Jokowi juga mengatakan, KJA offshore yang ada di Kabupaten Pangandaran  merupakan sebuah lompatan kemajuan, terobosan pertama di Indonesia yang akan menjadi cikal bakal bertambahnya produksi perikanan budi daya Indonesia.

Dengan teknologi KJA ini, lanjut Presiden, dari 1,2 juta benih ikan yang ditebar sekarang nantinya dapat menghasilkan 816 ton per tahun per unit.

"Ini sangat jauh perbedaanya dengan keramba jaring apung biasa yang hanya menghasilkan 5,4 ton per tahun per unit. “terang Jokowi.

Presiden menambahkan, KJA ini merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang mengadopsi teknologi dari Norwegia dan diperkirakan akan mampu menggenjot produksi komoditas ikan kakap putih secara signifikan

Selepas acara dengan para nelayan, dengan ditemani Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti, presiden pun melakukan kunjungan langsung ke KJA untuk melihat langsung tempat pembudidayaan ikan kakap putih yang hanya ada tiga di Indonesia, antara lain di Pulau Karimunjawa  Jawa Tengah, Pulau Sabang Aceh dan di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. 

Dengan ditemani Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata dan H. Adang Hadari serta Mentri KKP, Susi Pujiastuti, PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Presiden pun berkesempatan melihat perumahan nelayan yang ada di Dusun Parapat Desa Pangandaran.

Saat berada di perumahan nelayan tersebut, kepada sejumlah awak media, Presiden menyampaikan,  
dari 204 unit yang sudah dibangun, ke depannya pemerintah akan menambah jumlah bangunan asal lahannya sudah tersedia.

"Nanti Pa Bupati da Pak Gubernur yang akan mencari lahannya dulu. " ungkapnya.

Dan setelah mampir di kediaman Menteri Susi Pujiastuti di Jalan Merdeka Pangandaran, Presiden pun langsung meninggalkan Pangandaran melalui penerbangan dari bandara Nusawiru Kecamatan Cijulang. (ANTON AS)

Related

berita 3247743695155896889

Posting Komentar

emo-but-icon

item