AGUN GUNANJAR: “PANGANDARAN HARUS BUAT IKON WISATA”

Berawal dari mimpi, ungkapan tersebut mungkin tidak berlebihan sebagai sebuah harapan yang  tidak mustahil untuk bisa diwujudkan di kemudian hari.
Seperti diungkapkan anggota komisi III DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa saat kunjungan kerja masa reses ke Kabupaten Pangandaran. (20/2)

Menurutnya, Pangandaran harus punya ikon sebagai kabupaten pariwisata, dan itu harus dimulai dari sekarang. Artinya, lanjut Agun, menjadi kabupaten wisata bukan pula harus pengabaikan potensi-potensi lainnya yang ada di daerah. Seperti, kelautan, pertanian, perkebunan dan lainnya yang tentu semuanya bisa disinergikan dan tetap melekat pada ikon wisata.

“Saya sudah sampaikan hal ini langsung ke Pa Bupati, Jeje Wiradinata. “ungkap Agun.

Pada prinsipnya, lanjut Agun, wisatawan itu lebih cenderung memanfaatkan anugerah Tuhan pada fisiknya, seperti mata yang selalu cenderung ingin melihat sesuatu yang indah atau lidah bisa makan enak dan lainnya.

“Menikmati indahnya sunset, menyantap aneka  kuliner khas atau bisa menikmati segarnya angin pegunungan sambil berolahraga sehat. “imbuhnya.

Lebih jauh Agun mengatakan, Pangandaran dengan bentang pantai yang luar biasa indah, hamparan sawah, rimbun kebun, hutan dan potensi lainnya, sebaiknya dibuatkan trek selebar dua meter dimulai dari pantai barat melewati cagar alam sampai ke pantai timur.

Dalam trek tersebut, lanjutnya, nantinya wisatawan bisa menggunakan speda hingga ke pantai  Batukaras dengan melalui bukit, menyaksikan para petani dengan hamparan sawahnya, lalu masuk ke dalam hutan dan berakhir ke pantai lagi.

Lalu di antara trek tersebut lalu dibuatkan rest area tempat wisatawan untuk melepaskan lelah sambil minum kelapa muda atau menikmati sajian pindang gunung dan aneka kuliner khas lainnya.

“Nah itu semua bisa dijadikan ikon Pangandaran sebagai kabupaten wisata. “kata Agun lagi.

Agun juga mengatakan, soal desain dan hal lainnya pasti itu harus dilakukan dengan tidak sembarang karena pada akhirnya juga akan menjaga dan memelihara akar budaya bangsa. (hiek)

Related

berita 5806547270664142743

Posting Komentar

emo-but-icon

item