IDA N WIRADINATA : “KANKER DAPAT DISEMBUHKAN JIKA DILAKUKAN PEMERIKSAAN SEJAK DINI “

PANGANDARAN - Dari tahun ke tahun angka penderita kanker di Indonesia terus meningkat hingga mencapai angka yang mengkhawatirkan, sehingga diperlukan penanganan dan sosialisasi secara berkesinambungan agar masyarakat lebih peduli bahaya kanker serta turut berupaya untuk menekan laju pertumbuhannya.

Demikian disampaikan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Pangandaran, Ida N Wiradinata. Menurutnya, ia merasa prihatin, terutama untuk kaum perempuan yang rentan mengindap kanker payudara dan kanker servik.

Dikatakan Ida, dirinya merasa prihatin melihat kenyataan saat ini, banyak perempuan yang terindikasi kanker, terutama kanker payudara dan kanker servik.

“Sebagaiu klangkah konkrit, kami dari YKI tergugah untuk mengambil langkah-langkah nyata  dengan mensosialisasikan bahaya kanker pada masyarakat", ungkapnya.(2/8)

Ida juga menambahkan, dirinya bersama semua dokter yang ada di Pangandaran yang tergabung dalam YKI siap dengan ikhlas melakukan aksi mengatasi kanker sejak dini salah satunya dengan melakukan sosialisas cara hidup sehat.

" YKI Pangandaran siap melakukan langkah-langkah preventif untuk mengatasi kanker lebih dini, walaupun kegiatan ini tidak ditunjang anggaran pemerintah.", imbuhnya.

Sejauh ini, menurut ida, masyarakat masih merasa takut untuk diperiksa kesehatan, sehingga tidak jarang YKI pun mengadakan kegiatan pemeriksaan dengan alat deteksi kanker, terutama kaum hawa.

“Tapi saat kami datang, masyarakat seperti kurang begitu respon dengan berbagai alasan. “jelas Ida.
.
Lebih jauh Ida mengatakan, ia menghimbau agar masyarakat jangan menganggap tabu untuk membicarakan kanker, karena dianggap menakutkan dan identik dengan kematian serta  pengobatan yang mahal. Padahal faktanya, kanker dapat disembuhkan dan tidak semua obat kanker mahal.

“Juga sekarang tersedia program bantuan untuk pengadaan obat kanker di Indonesia. “pungkasnya. (AGE/P-News)

Related

berita 3833777311405873003

Posting Komentar

emo-but-icon

item