RAKERWIL DEKOPINDA JABAR TAHUN 2017, ADANG HADARI: ”DEKOPINDA DENGAN PEMERINTAH HARUS SINERGIS. “

PANGANDARAN-Sebagai organisasi nir laba seharusnya dekopin bisa lebih banyak bergerak, namun hal itu tidak dapat dilakukan tanpa dorongan organisasi itu sendiri. Disamping itu, perlu juga dilakukan komunikasi dengan eksekutif sehingga akan terjalin keselarasan dan kesusasian dengan agenda perjuangan dekopin.
Demikian dikatakan Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari dalam sambutannya pada acara Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) ke 2 Dekopinwil Jawa Barat tahun 2017 bertempat di Hotel D’Blize Pangandaran.(15/3).

“Antara Dekopida dengan Pemerintah harus ada sinergitas untuk mendorong akslerasi pembangunan koperasi yang ada di daerah. “ungkap Adang.

Menurut Adang, ada dua sumber untuk mendokong program tersebut, pertama koperasi berbasis kemadirian dan koperasi dengan berbasis supporting pemerintah. Koperasi pun harus bisa mengembangkan kerjasama mutual dengan berbagai pihak.

“Koperasi harus mengembangkan upaya-upaya strategis yang memoderenisasi usaha koperasi itu sendiri. “imbuh Adang.

Masih kata Adang, koperasi harus dibangun dengan dasar “hati kita” dan bukan pesanan siapa pun. Dalam koperasi memerlukan keikhalasan dalam berbagi peran dan saling bahu membahu.

“Koperasi adalah kita. “kata Adang lagi.

Masih di tempat yang sama, Ketua Dekopinwil Jawa Barat, Drs H. Mustofa Jamaludin menyampaikan, koperasi harus melakukan kolaborasi untuk memajukan koperasi itu senidiri dan koperasi harus sejajar dengan program yang ada di dinasnya di setiap daerah.

“Bantuan untuk dekopinda dan dekopinwil merupakan bantuan yang harus dituntut dan hibah untuk koperasi bisa dilakukan berturut-turut tiap tahun. “kata Mustofa.

Ditambahkan Mustofa, tahun 2018 seluruh dekopinda di 27 kabupaten/kota harus sudah memilki gedung sendiri.

Sementara ketua Dekopinda kabupaten Pangandaran, H. Ukardi mengatakan, jumlah koperasi yang ada di pangandaran ada 202, dilikuidasi 146 sehingga tersisa tinggal 53 koperasi.
Menurut Ukardi, dekopinda pangandaran merupakan 7 terbaik dari 27 dekopinda di Jawa barat dalam melaksanakan diklat.

Dan di Pangandaran, satu-satunya koperasi di Propinsi Jawa Barat yang diketuai oleh Bupati dan merupakan koperasi tersehat.

“Dengan aset sekitar Rp 15 milyar, koperasi nelayan Minasari dibawah pimpinan Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata menjadi salah satu koperasi kebanggaan masyarakat Pangandaran. “pungkas Ukardi. (hiek)

Related

berita 1442417747371543487

Posting Komentar

emo-but-icon

item