PETANI IKAN PANGANDARAN KELUHKAN BELUM TERSEDIANYA BENIH DI BBI

CIMERAK - Keberadaan Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Batumalang Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran menuai kontroversi.  pasalnya sampai saat ini balai tersebut seolah tidak berfungsi maksimal dalam pelayanan dan penyediaan benih bagi para petani ikan khususnya di wilayah Kecamatan Cimerak.

Seperti dikatakan salah seorang petani Desa Legokjawa, Hardi (46), saat ia mendatanghi balaiu tersebut untuk membeli benih ikan ternyata tidak ada.

“Waktu saya datang yang tersedia hanya benih ikan lele saja. "ungkap Hardi.(16/3).

Padahal, menurut Hardi, sebelum kantor BBI tersebut dikelola Dinas Kelautan sejak Januari lalu, saat itu masih dikelola perorangan di areal sekitar BBI masih banyak benih berbagai ikan. Seperti benih ikan mujaer, ikan mas, ikan gurame dan lain lain.

“Tapi kenapa setelah dikelola Pemda malah jadi sulit untuk menyediakan benih-benih ikan yang diperlukan masyarakat. “kata Hardi lagi.

Menanggapi keluhan tersebut, Kasi Pengelolaan Pembudidayaan Ikan di Dinas Kelautan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran, Hadli, S.Pd membenarkan apa yang dikeluhkan masyarakat petani ikan. Menurutnya, pihaknya sudah melaporkannya hal ini pada bupati terkait BBI tersebut dan bupati pun mengintruksikan untuk segera dibentuk tim perifikasi guna meninjau BBI baik dari status luas tanah negara, keadaan kantor, juga status lahan yang dipakai tempat usaha warga.

"Dinas kami sudah memperifikasi semua termasuk lahan yang dipakai usaha oleh warga, dan  masalah belum tersedianya benih ikan di BBI karena pihak dinas tidak bisa dengan harga seenaknya menjual benih ikan sebelum adanya Perda dan Perbup. “terang Hadli.

Masih kata Hadli, karena dinasnya bukan untuk mencari keuntungan semata dari penjualan benih ikan,  tapi yang paling penting bagaimana bisa tersedianya kebutuhan benih ikan untuk  masyarakat petani dengan kualitas benih yang sudah bersertifikat atau mempunyai kualitas baik.

“Bidang pengelolaan pembudidayaan ikan baru ada sejak bulan Januari 2017, jadi kami masih menyusun dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk bisa melakukan pelayanan terbaik buat masyarakat terutama dalam penyediaan benih ikan yang berkualitas di kabupaten Pangandaran. “terangnya.  (AG)

Related

berita 5681058969601245533

Posting Komentar

emo-but-icon

item