HASIL KAJIAN MASISWA STP BANDUNG, PENGELOLAAN LIMBAH HOTELAN DI PANGANDARAN BELUM MAKSIMAL.

PANGANDARAN-Pengelolaan limbah hotel yang ada di Kabupaten Pangandaran jadi objek penelitian akademis oleh salah satu mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Roni Sitorus (22). Berdasarkan observasi dilapangan Roni mengatakan,  pengelolaan limbah hotel yang ada di Pangandaran masih belum maksimal.

“Hampir satu bulan kami ada di Pangandaran dan banyak warga yang mengeluh buruknya pengelolaan limbah perhotelan,” kata Roni.

Ditambahkan Roni, fokus penelitiannya dikhususkan untuk meneliti sisa limbah perhotelan jenis padat, namun hingga saat ini ia belum menemukan dimana lokasi pengelolaan limbah tersebut.

“Kalau yang dikeluhkan masyarakat sih ada di dua lokasi, sementara yang terindikasi tidak ramah lingkungan ada di jalur pantai barat Pangandaran,” terangnya.

Lokasi yang dikeluhkan, menurut Roni, diantaranya di dua anak sungai yang jalurnya dijadikan pembuangan limbah cair yang menuju langsung ke pantai sehingga jika ada wisatawan yang berenang sering mengalami gatal.

“Hasil penelitian ini akan kami jadikan sebagai salah satu karya ilmiah akademis dalam bentuk skripsi dan akan menjadi sebuah kajian untuk evaluasi pemerintah,” imbuh Roni.

Sementara Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) BPLH Kabupaten Pangandaran, DR.  Erik Krisnayudha Astawijaya, S.s, M.Si mengatakan, hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa STP Bandung, kedepannya akan dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam penanganan limbah hotel di pangandaran.

“Kami harap penelitian ini dilakukan secara objektif dan merangkum seluruh referensi dari berbagai sumber,” ujarnya. (AGE).

Related

berita 1153822086117223770

Posting Komentar

emo-but-icon

item