KETUA KWARCAB PANGANDARAN, BUKA LT II KECAMATAN CIMERAK

CIMERAK-Kegiatan pramuka penggalang se-kwartir (ranting) Gerakan Pramuka Kecamatan Cimerak atau biasa disebut dengan istilah LT II, tadi siang, Sabtu, (24/09) bertempat di lapangan pantai Madasari resmi dibuka Ketua kwarcab Kabupaten Pangandaran, Drs.Apip Winayadi serta disaksikan Camat Tavian,SE dan seluruh pembina dari gugus depan masing masing.

Kegiatan LT II perkemahan pramuka penggalang ini diikuti 1.314 peserta terdiri dari 57 regu putera dan 57 regu puteri penggalang dari masing masing SD, MI, Tsanawiah dan SMP yang berada di Kwaran gerakan pramuka Kecamatan Cimerak, dan direncanakan kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 24 sampai tanggal 27 September 2016.

Demikian dikatakan Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Cimerak, Suhman, yang ditemui usai pembukaan kegiatan tersebut.

“Kegiatan perkemahan ini menelan anggaran sekitar  Rp. 65 juta yang diambil dari anggaran pramuka di tiap-tiap pangkalan, dan kegiatan ini melibatkan 114 pembina/pembimbing, jadi per regu satu pembina", katanya.

Lebih lanjut Suhman menjelaskan , Pramuka mempunyai fungsi menjadi titik tolak pembentukan mental dan moril menuju kemandirian para siswa-siswi dalam mewujudkan harapannya untuk menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa,

“Oleh sebab itu, kegiatan pramuka saat ini masuk dalam pendidikan berkarakter dan sudah menjadi muatan lokal wajib dalam pendidikan di sekolah, bukan sekedar kegiatan ekstra kurikuler semata, “ imbuh Suhman.

Hal senada dikatakan Ketua kwarcab Kabupaten Pangandaran, Drs.Apip Winayadi, untuk membentuk kepribadian yang tangguh dan bertanggung jawab semua anak didik diperlukan latihan ekstra lewat kegiatan pramuka ini, karena semua itu sudah tersirat dalam isi Dasa Darma Pramuka, dan itu perlu direalisasikan dalam tingkah laku dan sikap menuju kepribadian yang mandiri.

“Kegiatan pramuka yang selama ini ada di sekolah-sekolah sangat memberikan nilai positif pada perkembangan pendidikan siswa. “Ungkap Apip. (AGE)


Related

berita 5188292116096749001

Posting Komentar

emo-but-icon

item