AKIBAT CURAH HUJAN TINGGI SEBAGIAN WARGA PADAHERANG DAN CIGUGUR TERENDAM BANJIR

CIGUGUR/PADAHERANG - Puluhan rumah warga di Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran terendam banjir, hal tersebut terjadi akibat meluapnya sungai Citanduy setelah diguyur hujan besar beberapa hari lalu.

Ketua Forum Kesiapsiagaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Pangandaran, Ocid Sutan Abdul Rosid mengatakan, banjir terjadi sejak Sabtu, (17/9) pukul 17.00 WIB yang disebabkan curah hujan dengan intensitas tinggi.

“Banjir terjadi di Dusun Sukasari Desa Sukanagara Kecamatan Padaherang mengakibatkan terendamnya beberapa rumah warga, dan hingga pukul 24.00 WIB air belum juga surut,” kata Ocid.

Masih kata Ocid, akibatnya sebanyak 32 rumah warga terendam air setinggi 80 centi meter dan terpaksa warga yang rumahnya terkena banjir diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Sementara ditempat terpisah salah seorang warga, Dedi (49), mengatakan, banjir juga terjadi di Dusun Jajaway Desa Pagerbumi dan Desa Campaka Kecamatan Cigugur yang mengakibatkan sebanyak 24 rumah warga terendam bahkan mengakibatkan 3 rumah mengalami rusak sedang.

“Banjir yang terjadi tidak hanya merendam rumah warga, bahkan beberapa peralatan rumah tangga seperti peralatan elektronik banyak yang rusak dan terbawa arus banjir,” ungkap Dedi.

Berdasarkan pantauan di lapang petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, Relawan FKDM, TNI dan Polri pun telah berada di beberapa titik lokasi banjir dan segera mengevakuasi warga serta membuat dapur umum untuk warga yang terkena dampak langsung banjir.

“Tidak ada korban jiwa dari kejadian banjir tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta,” pungkas Dedi. (AGE).

Posting Komentar

emo-but-icon

item