PELAKSANAAN PIN DI PANGANDARAN BERJALAN LANCAR

    
PANGANDARAN - Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2016 digelar serentak mulai Selasa, 8 sampai 15 Maret mendatang. PIN dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, tidak terkecuali di pangandaran.  Hasil pantauan Pangandaran News dibeberapa wilayah di Kabupaten Pangandaran, kegiatan PIN berjalan lancar. Terlihat dari antusiasme warga yang datang ke Posyandu.
     Seperti pelaksanaan di Kecamatan Mangunjaya,  Pemda melalui Dinas Kesehatan setempat dan seluruh kader telah melakukan persiapan sejak dini. Khusus di Puskesmas Mangunjaya yang mencakup pelayanan di lima desa, yakni Sindangjaya, Jangraga , Mangunjaya, Sukamaju, dan Desa Kertajaya melaksanakan PIN Polio selasa (8/3). Bukan hanya kesiapan jumlah vaksin polio tetes, tetapi kesiapan kader posyandu yang akan menjalankan program PIN tersebut. "Di kecamatan Mangunjaya kami menyiapkan 31 personil petugas kesehatan dengan data balita sebanyak 1886 orang" ungkap  Kepala Puskesmas Mangunjaya Dr. Eka Supriatna.
    Ditambahkan Eka, dari 31 pos PIN yang siap memberikan pelayanan imunisasi polio kepada balita, keberadaannya tersebar di tiap Posyandu. Sementara yang diperbolehkan mendapatkan pelayanan imunisasi polio yakni minimal berusia lima tahun. Jika di usia tersebut anak memenuhi syarat namun sedang mengalami sakit, kader posyandu harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan puskesmas. "Jika sakit, bisa ditunda. Nanti waktunya ada sendiri, yakni mulai tanggal 10 sampai 15 Maret. Yang jelas jika ada anak sakit jangan dipaksakan, biar diperiksa dulu oleh dokter" ujar Eka.
     Lebih lanjut di katakan Eka,Imunisasi ini tiada lain bertujuan untuk membentuk antibodi di dalam tubuh supaya kebal dari berbagai macam penyakit (Toni/PNews)

Related

berita 8161422298223837603

Posting Komentar

emo-but-icon

item