SATU-SATUNYA DI JAWA BARAT, PUSKESMAS PANGANDARAN RAIH AKREDITASI PARIPURNA

Salah satu dari 4 skala perioritas program pemerintah daerah, pada sektor kesehatan telah membuahkan hasil memuaskan dengan mendapat penilaian tertinggi dari pemerintah pusat.

Selain menggratiskan pelayanan dasar kesehatan, Pemkab Pangandaran juga berinovasi  untuk mewujudkan puskesmas setarap hotel bintang tiga ( dngan fasilitas 2 tempat tidur yang bagus, tv,  AC, kamar mandi dan westapel) serta dilengkapi fasilitas pendukung alat -alat medis yang sangat memadai, sehingga menjadikan Puskesmas Kecamatan Pangandaran, salahsatu puskesmas yang berada di Kabupaten ini, mendapat akreditasi dari Kementerian Kesehatan Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama , dengan predikat paripurna. Puskesmas ini merupakan satu-satunya puskesmas yang mendapat akreditasi paling tinggi dari 88 puskesmas di Jawa Barat hasil perifikasi tahun 2018 lalu.

Saat diminta keterangan di halaman Puskesmas Pangandaran, kepada  awak media, Bupati Pangandaran, H. Jeje Wirdinata yang didampingi Wakil Bupati, H. Adang Hadari dan Kadis Kesehatan, drg. Yani Akhmad Marzuki, mengatakan, akreditasi puskesmas merupakan pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan lembaga independen dan telah ditetapkan oleh Menteri kesehatan, setelah dinilai bahwa Puskesmas tersebut memenuhi standar pelayanan, fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang telah ditetapkan.

“Tujuannya, semua ini untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan secara berkesinambungan. “kata bupati. (8/2)

Bupati menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas, pasal 39, dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, Puskesmas wajib diakreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali.

“Ada tiga tingkatan hasil akreditasi, mulai dari yang terendah, terakrditasi dasar, Madya, Utama dan Terakreditasi Paripurna dan akreditasi tertinggi, paripurna. “terang bupati.

Bupati juga mengatakan, selain Puskesmas Pangandaran dengan akreditasi paripurna, 2 puskesmas, Mangunjaya dan Puskesmas Cimerak terakrditasi madya dan 1Puskesmas Legokjawa dengan akreditasi utama. (PNews)


Related

berita 2190982621442358695

Posting Komentar

emo-but-icon

item