Asin Jambal Roti, Masih Tetap Jadi Buruan Oleh-Oleh Wisatawan Pangandaran


PANGANDARANNEWS.COM
- Selain dikenal dengan keindahan wisata pantainya, Pangandaran juga dikenal sebagai produsen makanan olahan berbahan dasar ikan laut. Mulai dari varian makanan siap saji seperti udang tepung, cumi tepung dan lainnya, banyak tersaji di kios-kios penjaja kuliner di sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) kawasan pantai timur.

Selain aneka makanan siap saji ternyata asin jamba roti juga kerap menjadi buruan para wisatawan, karena jambal roti Pangandaran selain enak juga bersih serta dijamin tidak berformalin.

Menurut salah seorang pengrajin asin jambal roti, Suyud (34), dalam satu bulan ia  bisa meraih omzet sekitar 1,5 hingga 2 kwintal per bulannya.

"Kami jamin produksi jambal roti kami tidak mengandung formalin," ungkapnya kepada PNews saat sedang proses penjemuran, di lapang Katapang Doyong.(27/04)

Untuk bahan baku asin jambal roti ini di saat produksi nelayan Pangandaran sedang kurang, menurutnya, tak jarang harus membeli dari daerah lain di Jawa Tengah.

Suyud mengatakan, kelebihan Jambal Roti buatan asli Pangandaran ini berpenampilan bersih dengan warna daging ikan keputih-putihan sehingga bisa langsung dimasak tanpa harus dicuci dulu.

Dalam proses pembuatannya, Suyud mengaku, sangat mengutamakan kebersihan bahan baku sehingga ketika sudah jadi ikan asin pun siap dimasak baik digoreng saja atau pun olahan bumbu lainnya.

"Rasanya sangat gurih dan tidak terlalu asin," imbuhnya.(hiek)

Related

berita 2690201139537471608

Posting Komentar

emo-but-icon

item