Obyek Wisata Legenda Ciungwanara Karangkamulyan Ciamis, Hanya Jadi Rest Area ?


PANGANDARANNEWS.COM/CIAMISNEWS
- Obyek wisata Karangkamulyan di Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis merupakan destinasi wisata Cagar Budaya, selain sebagai cagar budaya Karangkamulyan juga termasuk cagar alam dengan legenda Ciungwanara  yang memiliki flora dan dan fauna langka.

Berdasarkan informasi kordinator wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis (Disparbud) Kabupaten Ciamis, Karangkamulyan merupakan situs peninggalan masa Kerajaan Galuh. Situs Karangkamulyan ini termasuk situs kerajaan tertua di tatar Pasundan karena sudah ada sebelum Majapahit dan Pajajaran berdiri.

Sayang obyek wisata yang berada di lintasan jalan nasional selama in hanya dijadikan lokasi transit untuk beristirahat para wisatawan yang akan melanjutkan perjalanannya ke obyek wisata pantai Pangandaran atau ke Jogyakarta.

Seperti disampaikan kordinator retribusi wisata Karangkamulyan, Nana Sumarna, jika dilihat kendaraan memang memenuhi area parkir, namun untuk memasuki area wisata pengunjung masih kelihatan kurang.


Sementara untuk kunjungan ke Cagar Budaya Karangkamulyan ini menurut Nana masih tetap aja tidak ada perubahan.

Nana menjelaskan, memang sebuah obyek wisata harus mempunyai daya tarik tersendiri. Namun dengan undang-undang nomer 5, cagar budaya  harus tetap ciri khas atau asli.

"Saat ini Karangkamulyan masih menjadi tempat transit atau rest area saja," ungkap Nana.(09/02)

Untuk masalah parkir sendiri, kata Nana, retribusinya oleh Dinas Perhubungan sehingga PAD dari Karangkmulyan ini pendapatannya masih lebih besar dari retribusi parkir dan sewa lapak pedagang.

"Mudah-mudahan ke depannya Karangkamulyan semakin diminati wisatawan," katanya.(anwarwaluyo)

   

Related

TASIK NEWS 3754137990265017991

Posting Komentar

emo-but-icon

item