Kreasi Seni Janur Semarakkan Hari Jadi Kota Banjar Ke 21


PANGANDARANNEWS.COM/BANJARNEWS
- Menyambut Hari Jadi Kota Banjar ke-21 tahun 2024, digelar Festival Kirab Budaya Janur yang disambut antusias ribuan masyarakat.

Dengan tema" Festival Kirab budaya janur" yang menggambarkan perjalanan pemerintah kota dari tahun ketahun dengan menonjolkan budaya dan kearifan lokal, dimulai dari simpang empat BNI (Sponyono) dan finish di jalan Rd Hamara Efendi.

Selain genderang tabuhan marcing band dari Intitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Bandung, 25 helaran budaya yang mewakili 25 desa dan kelurahan dengan kreasi janur menghiasi semarak pestifal Kirab Budaya Janur tahun ini.

PJ Wali Kota Ida Wahida bersama suami berada paling depan, disusul oleh Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0613 , Kejari dan jajaran Diskofimda Kota Banjar berjejer di panggung kehormatan. .

Selama kegiatan masyarakat pun terlihat antusias sekali  saling berebut mencari tempat teduh untuk bisa melihat para peserta karnaval seni budaya janur tersebut.

Mengiringi langkah awal iringan helaran seni unik pun dipentaskan, seperti Reog Dongkol, Jurig sarengseng, Macan Lugay,  Kakalongan dan Badawang kawung.

Kepala Dinas Pendidikan H. Kaswad  mengatakan, Festival Kirab Budaya Janur yang berlangsung tahun ini mendapat respon dari warga masyarakat,  dan ini terbukti dengan antusiasnya warga  menyaksikan dan mengabadikan mementum Hari jadi Kota Banjar ke 21 Tahun ini.

Ia pun mengapresiasi seluruh antusias warga yang berkesempatan menyaksikan dan ikut menyemarakkan Festival Kirab Budaya ini.

"Dari pantauan kami, kirab berlangsung aman dan tertib,” ujarnya. (tito)

Related

Syiar 6890291626484239195

Posting Komentar

emo-but-icon

item