Kurangnya Lahan Parkir Di Obyek Wisata Pangandaran Sering Akibatkan Kemacetan


PANGANDARANNEWS.COM
- Kurangnya kantung-kantung parkir di obyek wisata pantai Pangandaran menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan saat arus kunjungan wisatawan membludak, seperti pada libur tahun baru dan hari raya idul fitri.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran, Irwansyah, seperti saat lebaran tahun lalu parkir kendaraan bermotor di bahu jalan pantai barat dibuat dua baris, sehingga terjadi penyempitan jalan yang ahirnya mengakibatkan  kemacetan.

"Namun untuk libur lebaran kemarin, parkir bahu jalan tersebut dibuat satu baris dan sebagian kendaraan diarahkan untuk parkir ke lapang Katapang Doyong dan sekitarnya, sehingga bisa mengurangi kemacetan," kata Irwansyah.(10/05)

Dampak dari kurangnya lahan parkir ini, kata Irwansyah, terkadang wisatawan harus memarkir kendaraanya di lahan milik warga, sehingga wisatawan pun harus dua kali bayar parkir double.

"Padahal retribusi parkir ini sudah dibayar di pintu masuk wisata," jelasnya.

Menurutnya ia pun setuju jika Pemkab Pangandaran membangun tempat parkir baru, namun masalahnya pemda tidak mempunyai lahannya.

Disoal penarikan retribusi parkir dilakukan langsung di lokasi parkir, menurutnya hal ini tentu harus melalui kajian dulu, karena dikhawatirkan jika parkir dipisah dari karcis wisata pendapatan retribusi parkir malah turun.

"Jadi hal ini harus melalui kajian dan pertimbangan dulu, "ungkapnya.

Sementara Ketua DPRD kabupaten Pangandaran, Asep Noordin pada satu kesemptan mengatakan, ia juga mendorong jika pemda penambahan kantong parkir, karena ini tentunya ada hubunganya dengan potensi Penghasilan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir.

Asep juga  meminta pemda segera mengkaji apakah memisahkan retribusi parkir dari karcis wisata dan ditarik langsung di lokasi.

"Nanti kita bisa lihat besar mana, apakah ditarik di lokasi atau seperti sekarang disatuakan dengan karcis wisata," ucapnya.

Ia juga mengatakan agar Pemkab Pangandaran menyediakan kantong parkir,  terutama di kawasan Pantai Barat yang selama ini jadi titik kumpul wisatawan.

"Jadi kalau masuk ke pantai, sebaiknya roda dua masuk ke area parkir Pemkab yang disediakan pemda," imbuhnya.(hiek)

Related

berita 7067005353260449385

Posting Komentar

emo-but-icon

item