Mata Pencarian Masyarakat Pangandaran Masih Didominasi Petani


PANGANDARANNEWS.COM
- Mayoritas mata pencarian masyarakat di Kabupaten Pangandaran sebagai petani,   

hal itu berdasarkan data yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pangandaran, pada semester 1 tahun 2022 lalu.

Seperti disampaikan Analisis Kebijakan Ahli Muda di Disdukcapil Kabupaten Pangandaran, Susi, tercatat ada 63 ribu orang yang berprofesi sebagai petani.

"Sementara untuk profesi buruh tani sebanyak 20 ribu orang, "terang Susi.(02/02)

Dari 63 ribu orang petani tersebut,  kata Susi, 41 ribu adalah kaum pria dan 22 ribu perempuan. Dan untuk buruh tani sebanyak 20 ribu orang tersebut, 14 ribu diantaranya adalah laki-laki kemudian 6 ribu lainya perempuan.

Sementara untuk karyawan swasta, imbuhnya, hanya 8 ribu orang saja, sedang yang berprofesi Aparatur Sipil Negara (ASN) ada sekitar 4 ribu.

Disoal berapa jumlah wiraswasta, menurut Susi, ternyata profesi ini jauh lebih banyak dari karyawan dengan jumlah 38 ribu orang.

Sementara di tempat terpisah, Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Pangandaran Wawan Irawan membenarkan jumlah petani dan buruh tani memang paling banyak digeluti masyarakat Pangandaran jika dibanding dengan pekerja kantoran atau pabrik dan juga pegawai toko.

Wawan menyebut, karyawan swasta merupakan profesi paling banyak, walau pun belum ada datanya ril namun memang karyawan ini paling banyak di perhotelan.

Walaupun profesi petani lebih banyak, namun menurut Wawan, sangat disayangkan karena regenerasinya menghawatirkan.

"Sekarang jarang sekali anak muda yang mau jadi petani, bahkan buruh tani, dan walau pun ada tapi itu tidak banyak, " ucapnya.(PNews)

Related

berita 6254980450223479237

Posting Komentar

emo-but-icon

item