Tugu Marlin di Jembatan Ranggajipang Wiradinata Pantai Karangtirta Jadi Ikon Wisata Pangandaran


PANGANDARANNEWS.COM – Ikan Marlin sudah lama telah reasmi menjadi ikon Kabupaten Pangandaran, sehingga hampir di setiap pelosok akan selalu dijumpai tugu ikan marlin yang sedang melompat tersebut.

Seperti yang ada di depan Mesjid Agung Istiqomah di Kecamatan Pangandaran, masyarakat menyebutnya "Bundaran Tugu Marlin" tugu ini seolah mengucapkan selamat datang kepada siapa saja yang datang ke Pangandaran.

Tak hanya itu, kini Pemkab Pangandaran kembali membangun patung ikan marlin dengan ukuran sangat besar, malah digadang-gadang menjadi patung ikan Marlin terbesar Se- Indonesia.

Patung ini lokasinya ada di Jembatan Ranggajipang Wiradinata, di Pantai Karang Tirta, Dusun Cipari Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih, yang sekarang masih dalam proses pengerjaan oleh seorang seniman asal Tasikmlaya, Aan Anwar Sanusi,(58).

Disela-sela kesibuknnya, Kepada PNews, Aan Anwar menuturkan, patung ikan Marlin ini memiliki tinggi 17 meter, lebar 5, 5 meter dan pion berdiameter 153 meter.

"Tugu Ikan Marlin ini dibuat dua buah, dengan bahan pembuatannya menggunakan  aluminium dan dikerjakan oleh 8 pekerja, "terangnya.(18/01)

Selama pembuatan patung ini, kata Aan, tentu memerlukan konsentrasi tinggi serta sentuhan-sentuhan art agar mampu menghasilkan sebuah karya apik.

Aan menjelaskan, sebenarnya pengerjaan patung Ikan Marlin direncana harus selesai tanggal 27 Januari 2023. Namun karena ada beberapa kendala seperti faktor alam, sehingga diperkirakan target waktu tersebut akan molor dari rencana awal.  

"Saya berharap pengerjaan Patung ikan Marlin ini bisa selaras sesuai anatomi ikon yang harus terlihat eksotis dan indah dipandang, "katanya.

Ditemui terpisah, salah satu tokoh masyarakat sekitar Obyek Wisata Pantai Karang Tirta, Ujang Kedi, saat diminta tangapannya mengatakan, dengan dibangunnya Jembatan Rangga Jipang Wiradinata yang dilengkapi patung Ikan Marlin berukuran besar ini tentu mendapat apresiasi warga, karena ini akan menjadi kebangga’an seluruh masyarakat Kabupaten Pangandaran.

Ia juga berharap dengan dibangunnya infrastruktur lintas pantai dan jembatan Ranggajipang Wiradinata serta dilengkapi patung ikan Marlin yang merupakan ikon Kabupaten Pangandaran ini, bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan. 

"Jadi tak hanya menjadi kebanggaan masyarakat, jembatan dengan patung ikan marlin ini bisa menambah arus kunjungan wisata ke Pangandaran, "ucapnya.(PNews)

Related

berita 2285179580476334435

Posting Komentar

emo-but-icon

item