Terapkan Vokasi Melalui Jalur Non Formal, Lulusan PKBM Briliant Siap Masuk Dunia Kerja


PANGANDARANNEWS.COM
- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Pangandaran diminta untuk mulai membekali peserta didiknya dengan pendidikan vokasi agar mampu menghasilkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja.

Seperti disampaikan kepala bidang Paud Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pangandaran, Undang, PKBM  harus mulai memperhatikan pentingnya pendidikan vokasi agar perannya di tengah masyarakat semakin meningkat.

Sementara menurut ketua PKBM Briliant, Rina Herlina, selain memperbanyak pendidikan vokasi PKBM juga diminta untuk tetap melakukan beragam inovasi terkait model pendidikan yang mampu mendukung keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

PKBM, kata Rina, sebenarnya memiliki peran sangat penting dalam mencerdaskan, memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat.

"Salah satunya menyiapkan lulusan yang kompeten dan siap kerja, "kata Rina Herlina saat di wawancarai awak media. (30/01)

Rina menmbahkan, Kabupaten Pangandaran memiliki sumber kearifan lokal unggul dari mulai wisata, pertanian serta bahan-bahan alam yang bisa diolah menjadi produk unggulan.


Selain dari kegiatan vokasi, imbuhnya, yang hari ini menjadi tuntutan masyarakat untuk melek pengetahuan untuk mengahadapi tantangan masa depan terutama dalam dunia digital di akhir tahun 2022, dan dalam hal ini PKBM bekerjasama dengan forum taman baca masyarakat telah melaksanakan literasi digital diruang publik yang diselenggarakan di sepuluh kecamatan di Kabupaten Pangaandaran. 

"PKBM Brilliant sendiri sekarang ditujukan untuk memberikan akses pendidikan kepada warga melalui jalur non formal, "ujar Rina.

Rina menyebut, pendidikan vokasi memang menjadi salah satu perhatiannya, karena bisa menghasilkan lulusan yang siap kerja tanpa meninggalkan kewajiban akademik lainnya.

"Dan di PKBM Brilliant juga sudah menerapkan pendidikan vokasi yaitu keterampilan Desain Grafis dan komputer bidang administrasi perkantoran serta tata boga, "terangnya.

Hal senada disampaikan salah seorang nara sumber di PKBM Berliant, Dita sofia Nirmala, selain dari pendidikan kesetaraan PKBM Brilliant menyelenggarakan bimbingan belajar komputer program MS Word dan Microsoft Excel.(bill)

Related

Pendidikan 6173886987623801294

Posting Komentar

emo-but-icon

item