Obyek Wisata Pangandaran Aman Dikunjungi Wisatawan, ini penjelasan BMKG Wilayah Jawa Barat

PANGANDARANNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Jawa Barat saat didampingi Wakil Bupati Pangandaran Ujang Edin Indrawan dan Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Bariza Sulfi bersama BMKG mengunjungi pantai Pangandaran, menyampaikan, obyek wisata pantai Pangandaran aman dikunjungi wisatawan. 

Petugas Prakirawan BMKG Bandung Jawa Barat Yan Firdaus Permadhi lebih jauh menuturkan, walau saat ini berpotensi terjadi curah hujan tinggi dan angin kencang yang akan menimbulkan gelombang tinggi, namun BMKG memastikan Pantai Pangandaran aman untuk dikunjungi selama liburan Tahun Baru 2023.

"Gelombang akan terjadi 4 hingga 6 meter, dan merupakan hal biasa terjadi di saat musim pergantian tahun, "jelas Yan.(29/12)

Kondisi ini akan terjadi hingga awal Januari 2023, namun gelombang seperti ini kata Yan, malah disukai para wisatawan untuk bermain selancar, karena peselancar profesional gelombang seperti sangat disukai.

Berdasarkan peninjauan di lokasi pantai, Yan mengatakan, di Pangandaran pemerintah daerah sudah memasang rambu-rambu di setiap lokasi khususnya di daerah zona larangan berenang. Maka wisatawan dihimbau untuk mematuhi rambu-rambu tersebut agar aman saat melakukan aktivitas di pantai. 

“Sama , di objek wisata daerah lain pun dipasang rambu-rambu atau petunjuk arah, "terangnya.

Ia mengaku saat ini banyak berita-berita bohong atau hoaks terkait bencana alam gempa dan tsunami yang beredar di media social, sehingga dia menghimbau agar masyarakat selalu mengikuti informasi tentang kebencanaan yang dikeluarkan instansi terkait. 

“Masayarakat jangan gampang percaya dengan berita-berita hoaks, pastikan informasi bersumber dari pemerintah maupun dari instansi terkait seperti BMKG, BPBD dan lainnya, “ujar Yan.

Hal senada dikatakan Wakil Bupati Pangandaran Ujang Edin Indrawan, dengan beredarnya berita-berita hoaks di media sosial baru-baru, ini sangat berpengaruh pada tingkat kunjungan wisata ke Pangandaran.

Wakil bupati juga mengucapkan terimakasih kepada BMKG dan Polda Jabar yang telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, karena dengan adanya berita hoaks tersebut dapat berpengaruh langsung pada perekonomian masyarakat. Dan setelah hari ini mendapatkan penjelasan langsung dari BMKG, ia pun mengajak kepada masyarakat luas untuk berwisata ke Pangandaran.

"Mari berwisata, Insalloh Pangandaran aman untuk dikunjungi dan sekarang bisa kita lihat bersama ketinggian ombak sekitar setengah meter, "ucap wabup.

Sementara Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Bariza Sulfi menegaskan, setelah mendengar penjelasan yang disampaikan BMKG hingga libur pergantian tahun 2023 objek wisata di Kabupaten Pangandaran aman untuk dikunjungi wisatawan.

Dan untukl memberikan kenyamanan bagi wisatawan, kata Bariza,  Polda Jabar telah menerjunkan bantuan personil sebanyak satu pleton anggota Samapta, Brimob dan Direktorat Polairud.

“Saya sampaikan pesan dari Pak Kapolda Jawa Barat, Pangandaran merupakan bagian dari Jawa Barat yang menjadi detinasi wisata kebanggaan warga Jabar, “kata Bariza. (PNews)


Related

berita 3639927578389526448

Posting Komentar

emo-but-icon

item