Tradisi Nampaling Warnai Kegiatan Festival Budaya Desa Cikalong 2022

PANGANDARANNEWS.COM – Nampaling merupakan tradisi atau adat dulu masyarakat Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran yang hingga saat ini masih dilakukan warga setempat.

Nampaling, cara warga menangkap belalang saat usai musim panen padi dengan menggunakan alat yang terbuat dari anyaman bambu yang dinamakan tampaling berbentuk kerucut yang disambungkan pada sebuah gagang..

Biasanya nampaling dilakukan di hamparan sawah, beberapa hari setelah musim panen dan dilakukan pada malam hari karena saat malam banyak belalang (simet-sunda) banyak berkeliaran di sawah. Dan hasil tangkapan nampaling, belalang tersebut biasanya dikonsumsi untuk dimakan bersama nasi atau dijual ke pasar.

Kegiatan nampaling tahun ini menjadi rangkaian kegiatan Festival Budaya di Desa Cikalong setelah sempat vakum selama 2 tahun akibat pandemi COVID-19. 

Selain Nampaling, dalam festival budaya tahun ini juga digelar kesenian lainnya, seperti Seni Gondang Buhun, Elok Beluk, Ronggeng Gunung, Ronggeng Amen dan pentas seni lainnya.

Saat ditemui sejumlah wartawan, Kepala Desa Cikalong Ruspendi mengatakan, nampaling merupakan budaya menangkap belalang di sawah yang dilakukan para petani setelah habis panen.

“Tradisi Nampaling sudah dipertahankan sejak ratusan tahun yang lalu dan hingga sekarang masih rutin dilakukan warga, bahkan yang menciptakan alat Tampaling itu warga asli Cikalong, “ungkapnya.(03/10)

Sementara Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata berharap budaya Nampaling ini bisa menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.karena sangat unik dan benar-benar merupakan bentuk kearifan lokal di Desa Cikalong yang hingga saat ini masih terpelihara dengan baik.

“Budaya Nampaling atau menangkap belalang ini masih bertahan selama berpuluh-puluh tahun, “kata bupati. 

Seperti diketahui, Festival Budaya ini sudah menjadi kelender budaya di Desa Cikalong yang biasa diselenggarakan setiap bulan Oktober-September, biasanya setelah Panen Raya. (PNews)


Related

budaya 1223230413359934175

Posting Komentar

emo-but-icon

item