Pada BBGRM tahun 2022, Wabup Ciamis Buka Gelaran Produk Unggulan Desa Se- Kabupaten

PANGANDARANNEWS.COM/CIAMISNEWS –Bertempat di halaman Desa Tanjungmulya, Kecamatan Panumbangan, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra membuka secara resmi Gelaran Produk Unggulan Desa Se- Kabupaten Ciamis. Acara ini dilaksanakan dalam acara puncak penilaian Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Kabupaten Ciamis tahun 2022. (11/10)

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Walikota Banjar, Yang Mewakili Kepala Daerah Kabupaten Tasik, Kota Tasik, Kabupaten Majalengka Kabupaten Kuningan, Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran serta instansi daerah baik Kabupaten maupun Provinsi.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Ciamis menyampaikan, gelaran produk ini merupakan merupakan program akselerasi antara pemerintah Provinsi Jabar dengan Pemkab Ciamis.

Wabup juga berharap agar gelar produk ini tidak dijadikan tujuan utama, sebab sasaran utamanya adalah bagaimana masyarakat dapat hidup dengan potensi ekonomi yang ada di desa masing-masing.

“Sebagian besar masyarakat Ciamis hidup di desa dengan sumber daya alam yang melimpah sehingga tinggal bagaimana keinginan masyarakat untuk menggali potensi yang ada ini, “ungkap wabup.

Dijelaskan wabup menjelaskan, maju tidaknya suatu desa tergantung ada tidaknya inovasi dari pemimpinnya, dan kunci kesuksesan desa adalah bagaimana cara pemimpin dalam melakukan tata kelola desanya tentunya hal ini disesuaikan dengan unggulan desanya masing-masing.

Wabup berpesan agar para kepala desa selalu melakukan inovasi dalam membangun desanya masing-masing.

“Paling tidak ada 5 hal yang harus digarisbawahi dan diperhatikan dalam membangun perekonomian desa, “jelas wabup.

Kelima hal tersebut, kata wabup, diantaranya pembangunan infrastruktur yang baik, menggali potensi desa, mempersiapkan SDM yang berdaya saing, pemanfaatan teknologi dan terakhir membuat program yang berkelanjutan.

“Tapi sayang kebanyakan kita salah langkah dengan membuat program sebagai langkah utamanya, tanpa melihat potensi terlebih dahulu, “imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut wabup juga berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada 27 desa peserta terbaik BBGRM Tingkat Kecamatan di Kabupaten Ciamis, diantaranya kepada Desa Jalatrang (juara 1), Desa Margajaya (Juara 2) dan Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku Banyak menampilkan produk makanan olahan kerajinan tangan, seperti  kopi, kripik ubi dan lainnya. (anwarwaluyo)


Related

TASIK NEWS 1341332286324064459

Posting Komentar

emo-but-icon

item