Dalam Kunjungannya, Pangdam III/Siliwangi Tebar BIOS 44 DC Pada Tambak Udang di Cikalong Tasikmalaya

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS – Dalam kunjungan kerja Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Arief Kunto Wibowo S.I.P yang dilakukan secara Touring dengan mengendarai sepeda motor ke Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat serta mensosialisasikan teknologi adaptip hasil inovasi yang dapat menjadi alternatif. 

Dalam Kegiatan tersebut Pangdam juga berkesempatan meninjau PT MOD Vaname Tasikmalaya, pelaku usaha tambak udang vename, jenis usaha yang ditekuni sebagian besar masyarakat Kecamatan Cikalong. 

Jenis udang vanname merupakan bahan komoditi Ekspor, sehingga usaha budi daya udang ini memiliki tingkat produktivitas yang cukup tinggi karena permintaan di pasaran terus meningkat setiap tahunnya.

Saat meninjau ke lokasi tambak udang tersebut Pangdam mengedukasi masyarakat serta menawarkan solusi pada para pengusaha tambak untuk menebar cairan BIOS 44 DC ke dalam tambak, karena dengan teknologi Bios 44 DC dapat mempercepat pertumbuhan udang sehingga lebih cepat dipanen. 

“Teknologi Bios 44 DC merupakan cairan dari jenis perpaduan beberapa mikroorganisme yang disatukan, “terang Pangdam.(18/10)

Pangdam juga menjelaskan,  sebenarnya BIOS 44  DC merupakan substansi organik multiguna dan teknologi ini mampu membuat air kolam pemeliharaan udang tetap baik, sehingga nantinya hasil budidaya udangnya pun dapat meningkat. 

Seperti halnya telah dilakukan untuk budidaya ikan, kata Pangdam, dengan diberikan Bios 44 DC ikan yang semula baru bisa dipanen dalam waktu 4 bulan, kini bisa dipanen dalam waktu 2 bulan dan hasilnya lebih meningkat karena tidak banyak yang mati.

“Penggunaan Bios 44 DC ini dapat menekan biaya produksi yang harus dikeluarkan petani baik ikan atau pun udang, dan dari sisi kandungan bahan Bios 44 DC dipastikan aman karena mudah terurai, “jelasnya. 

Sementara salah seorang pengusaha tambak udang vaname, Amiyo Josuwa, usai mendengarkan uraian penjelasan Pangdam, mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kunjungan Pangdam III/Siliwangi ke tambak miliknya. 

Kata Abiyo, setelah ditebar Bios 44 DC diharapkan hasilnya bisa sesuai apa yang diharapkan. Bukan itu saja, Amiyo pun berharap ke depannya ada pendampingan terkait penggunaan BIOS 44 DC.

“Apa yang dipaparkan Bapak Pangdam ini merupakan ilmu baru bagi kami para penambak, mudah-mudahan kami juga terus mendapat pendampingan serta arahan terkait pemanfaatan BIOS 44 DC di tambak udang sehingga pruduksinya pun semakin meningkat,” ucapnya. (anwarwaluyo)


Related

TASIK NEWS 5044601274775575976

Posting Komentar

emo-but-icon

item