Kepala Desa Sarimukti Pimpin Aksi Protes Terkait Kejelasan Perbaikan Jalan Sindangreret -Cidadap

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS – Dipimpin langsung Kepala Desa Sarimukti, Edi Laksana (Abah Barjah), ratusan warga Desa Sarimukti Kecamatan Karangunggal Kabupaten Tasikmalaya datang dari berbagai pelosok untuk melakukan aksi protes terkait kejelasan perbaikan ruas jalan Sindangreret - Cidadap sepanjang 5 kilo meter yang sudah beredar akan di bangun. Dalam aksi tersebut warga bersama kades berharap adanya kejelasan dari Pemkab Tasikmalaya terkait program peningkatan ruas jalan tersebut, dari mana titik awal dan akhir peningkatan ruas jalan tersebut.  

Kepada sejumlah media Kepala Desa Sarimukti, Edi Laksana menyampaikan, pihaknya sengaja melakukan aksi dijalan tanjakan Cibungur Desa Sarimukti ini sebagai bentuk protes karena ada isu bahwa perbaikan jalan antara jalan Desa Sarimukti, Desa Kujang dan Desa Cidadap, yang merupakan akses vital yang menghubungkan 5 desa hingga tembus ke pusat Pemerintahan Kecamatan Karangnunggal.

“Jalan ini juga merupakan jalur selatan yang tembus ke beberapa kecamatan diantaranya, Kecamatan Cikalong, Cipatujah bahkan sampai perbatasan Kabupaten Pangandaran, “terang Edi. (07/09)

Namun kata Edi, kondisi jalan tersebut sudah puluhan tahun belum ada perhatian dari Pemkab Tasikmalaya, dan tujuan aksi ini untuk memastikan apakah dari keterangan peningkatan ruas jalan Sindangreret - Cidadap tersebut Desa Sarimukti termasuk atau tidak. Sebab seperti diketahui kondisi terparah ada di Desa Sarimukti yaitu tanjakan dan jembatan Cibungur, denga kondisi jalan rawan longsor, tikungan tajam yang kini tinggal tanah dan batu di tepi jalan.

Edi menambahkan tidak logis ketika akses vital pengerjaannya dimulai ditengah yaitu di Desa Kujang, sementara kebanyakan akses menuju pusat pemerintahan adalah melalui Desa Sarimukti.

“Jadi yang ingin kami ketahui, darimana titik dan akhir pengerjaan yang akan dilaksanakan di tahun ini, “tegasnya.

Hal tersebut senada disampaikan beberapa tokoh kelembagaan yang ada di Desa Sarimukti, menurut mereka pemerintah harus peka jangan menunggu aksi dulu dan tolong kesampingkan kepentingan-kepentingan politik namun nomer satukan kesejahteraan masyarakat.

“Setelah ini kami akan kembali menggelar aksi mungkin lebih besar, apabila hal tersebut belum ada kejelasan, bahkan kami siap audiensi dengan pihak-pihak terkait, “ujar salah satu tokoh masyarakat yang enggan disebut namanya.

Dari pantauan di lapnagan, sambungnya, memang jalan Cibungur merupakan jalan rawan yang sangat menanjak, belum lagi tikungan tajam dan jalan tinggal tanah serta dipinggir tebing-tebing batu yang dikhawatrikan terjadinya longsor.

Selain kondisi jalan yang rusak parah, katanya lagi, jembatan yang ada pun sudah lapuk dan besi sudah mulai keropos dan tidak menutup kemungkinan jembatan tersebut roboh sehingga bisa mencelakakan pengguna jalan. Dan ewarga dari Desa Sarimukti, Kujang dan Cidadap akan memutar melalui jalan raya Cipatujah, artinya itu akan menempuh jarak yang sangat jauh untuk menuju pusat pemerintahan Kecamatan Karangnunggal.

“Jika jalan bagus tentu pertumbuhan ekonomi masyarakat desa pun akan semakin meningkat, kami atas nama masyarakat Desa Sarimukti berharap jalan mulus karena selama ini tidak pernah ada perbaikan, “ucapnya. (anwarwaluyo)


Related

TASIK NEWS 6772125002812426297

Posting Komentar

emo-but-icon

item