Bank Sampah di Desa Ciganjeng, Rubah Sampah Rumah Tangga Jadi Rupiah

 


PANGADARANNEWS.COM - Limbah atau sampah yang berserakan kini bisa dimanfaatkan menjadi rupiah, bahkan bisa diinvestasikan seperti yang dilakukan para pemuda di Dusun Pasar Desa Ciganjeng  Kecamatan Padaherang Kabupaten pangandaran.

Di tempat tersebut para pemuda kreatif mulai mengubah mindset sampah menjadi barang berharga yang bisa membantu perekonomian keluarga.

Seperti dituturkan Direktur Bank Sampah Desa Ciganjeng, Eris, selain bertujuan untuk menciptakan kebersihanan di lingkungan pola pikirnya sekarang merubah sampah bukan hal yang kotor melainkan seperti melihat barang berharga.

"Tentunya perubahan mindset ini menjadi penyemangat bagi kami pemuda di Desa Ciganjeng, "ucapnya (17/09)

Saat PNews datang ke lokasi, nmpk para pemuda yang tergabung di bank sampah Desa Ciganjeng seminggu sekali melakuan dor to dor ke rumah warga untuk mengambil sampah lalu menimbang dan mencatat hasil timbangannya di buku tabungan untuk ditukar ke rupiah. Dari hasil catatan yang di tulis di buku tabungan, masyarakat bisa mengambil kapan saja sesuai dengan keperluan masing-masing.

"Untuk pengambilan bebas mau kapan saja karena kami tidak mau membebani masyarakat dengan waktu yang ditentukan, " imbuh Eris.

Karena,  tambah Eris, kalau masyarakat benar-benar membutuhkan apa lagi kebutuhannya mendesak, bisa langsung datang ke Bank sampah tentunya sesuai dengan tabungan yang dimiliki warga.

Eris memgatakan, kegiatan menabung sampah ini bertujuan untuk mengajarkan kepada masyarakat menabung dan memanfaatkan limbah sampah yang mereka miliki karena bank sampah bisa menampung 99 jenis sampah unorganik, artinya hampir semua sampah perumahan bisa di tampung disini.

"Dan dengan adanya program ini tentunya menjaga kebersihan lingkungan, "pungkasnya. (bill)

Related

berita 3439456923780534057

Posting Komentar

emo-but-icon

item