Ketua Forum Sehat Pangandaran: ” Kabupaten Pangandaran Harus Berstatus Open Defection Free”

Hj Ida N Wiradinata
PANGANDARANNEWS.COM – Beberapa waktu lalu Tokoh perempuan Pangandaran Ida Nurlaela Wiradinata sekaligus Ketua Forum Sehat Pangandaran, Hj Ida N Wiradinata menyampiakan, pihaknya menargetkan dari 93 desa yang ada di Kabupaten Pangandaran harus sudah berstatus Open Defection Free (ODF) atau terbebas dari buang air besar (BAB) sembarangan.

“Pola hidup sehat dalam program Desa ODF juga harus diterapkan dalam keseharian di masyarakat, “ungkap Ida.(14/07)

Ida menyebut, pihaknya menargetkan Kabupaten Pangandaran bisa meraih penghargaan Wiwerda Swasti Saba, dan untuk mencapai prestasi tersebut Pangandaran harus memiliki nilai kumulatif 80 persen Desa ODF. Dan saat ini  dari 93 desa yang ada di Kabupaten Pangandaran sampai bulan juli 2022, desa yang sudah mendeklarasikan ODF baru mencapai 56%.

"Kami terus melakukan komunikasi ke seluruh desa untuk laksankan deklarasi ODF agar daerahnya terbebas dari buang air besar sembarangan," imbuhnya.

Ida mengatakan, pola hidup sehat harus terus dikembangkan karena kesehatan merupakan modal dasar terwujudnya masyarakat sejahtera. Jika derajat kesehatan masyarakat sudah terealisasi yang ditunjang Puskesmas dan RSUD gratis, maka hal ini bisa mempermudah penanganan stunting.

Ida menjelaskan, ada 4 indikator tahapan yang harus dilakukan, seperti tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan industri dan perkantoran sehat serta tatanan kehidupan sosial yang sehat.

"Samapai saat ada 52 desa yang telah deklarasi ODF atau 55,91 persen," terangnya. (PNews)


Related

berita 4497002989029184036

Posting Komentar

emo-but-icon

item