Saat Resmikan Sanggar Seni Gending, Bupati Pangandaran Ajak warga Langkaplancar Kembangkan Seni Dengan Nuansa Religi

pangandarannews.com - Geliat wisata Pangandaran di saat pandemi covid 19 terasa menurun, namun di tahun sekarang ini terasa mulai  meningkat kembali. Hal ini ditandai arus kunjungan wisata setiap minggunya mengalami kenaikan, dan ini juga menunjukan bahwa pariwisata Pangandaran sangat menarik khususnya di mata wisatawan.

Demikian disampaikan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat beberapa hari lalu meresmikan Sanggar Seni Gending di Desa Bojong Kecamatan Langkaplancar.(20/06)

Kata bupati, animo baik pada wisata Pangandaran ini pun mampu dimanfaatkan warga, salahsatunya oleh Warga Dusun Bentar RT. 007/002 Desa Bojong, dengan mendirikan Sanggar Seni Gending Hibar Kancana yang didirikan dari swadaya masyarakat yang mencintai kesenian tradisional.

Alhamdulillah ini sesuatu yang baik, karena di Desa Bojong ada sanggar seni sebagai tempat pembinaan dan pengembangan kesenian tradisional, dan saya berharap agar masyarakat terus menjaga kesenian ini dengan baik, ” ucap bupati.

Keutamaan Langkaplancar menurut bupati ada dua, pertama Langkaplancar merupakan daerah religius atau agamis dan ini harus tetap dipegang, artinya cari pola pengembangan seni pun dengan memadukan dengan agama. Itu yang harus dikembangkan dengan baik, Tidak boleh kalau seniman Langkaplancar harus cantik, rapih, identik.

“Dan yang kedua, tentu harus dijaga, seninya harus berkembang tapi syar'inya tetap dijaga dengan baik,” imbuh bupati.

Bupati pun berharap di Langkaplancar ada pengembangan wisata kolaborasi antara alam dan budaya, sehingga wisatawan tak terfokus di sekitar wisata pantai saja. Ada alam yang indah juga sekarang ada sanggar seni, ini tinggal diolah dikombinasikan, dikolaborasikan menjadi sesuatu yang suguhan kesenian yang apik. Karena kadangkala wisatawan pun merasa bosan lihat pantai terus atau berenang di laut, tapi sekali-kali bisa datang ke Langkaplancar untuk mmencicipi nimatnya buah durian dan pesona alam yang eksotik.

Sementara salah seorang tokoh kesenbian Langkaplancar, Dadi menyampaikan, pembangunan Sanggar Seni Gending di Desa Bojong ini murni swadaya masyarakat dengan arahan dari kepala desa.

Saat ini, kata Dedi, sanggar ini tidak pernah sepi dari berbagai kegiatan budaya, dan peminatnya bukan saja dari Desa Bojong tetapi dari desa-desa tetangga yang memang mempunyai kerinduan akan hadirnya sebuah sanggar. (PNews)


Related

berita 2506370115390376995

Posting Komentar

emo-but-icon

item