GenRe Gaet DKBP3A Kabupaten Pangandaran dan BNN Ciamis Gelar Ngabuburit dan Sosialisasikan Bahaya Narkoba

pangandarannews.com – Bertempat di Rumah Makan Mina Famili di Kawasan Kampung Turis pantai Pamugaran, beberpa waktu lalu Forum Generasi Berencana (GenRe) Pangandaran bekerjasama dengan Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Pangandaran dan BNNK Ciamis menggelar ngabuburit bersama. (22/04)

Dengan mengambil tema “Penanggulangan Stunting dan Pencegahan NAFZA” kegiatan tersebut dihadiri sekitar 100 orang lebih dari perwakilan Pendamping PIK-R, Remaja PIK-R yang ada di lingkup Kabupaten Pangandaran, serta menhadirkan nara sumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, Dian Ridwan Munawar, S.Psi., dengan materi Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba darimana Akarnya?.

Dalam paparan tersebut Ridwan menyampaikan pemerintah telah menyatakan bahwa Indonesia saat ini masuk dalam kondisi Darurat Narkoba, hal ini dibuktikan dengan terungkapnya kasus dengan barang bukti berupa 1 ton sabu.

“Dengan dasar inil juga masalah narkoba harus ditangani dengan serius serta perlu adanya sinergitas dan kerjasama dari seluruh komponen masyarakat,” ucapnya.

Ridwan menerangkan akar permasalahan narkoba diantaranya karena kurangnya pengetahuan tentang bahaya narkoba itu sendiri serta adanya ketidak harmonisan dalam keluarga, adanya kesenjangan sosial, dan gaya hidup.

Menurutnya dalam menanggulangi masalah narkoba sangat penting melalui program rehabilitasi karena program ini merupakan rangkaian upaya pemulihan ketergantungan bagi pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika yang mencakup rehabilitasi medis, rehabilitasi sosial dan layanan pasca rehabilitasi yang dilakukan secara kontinyu dalam satu kesatuan layanan yang terintegrasi.

Ridwan pun berharap kepada peserta yang hadir bisa menjadi pelopor anti narkoba dan dapat menyampaikan kembali pengetahuannya kepada masyarakat di lingkungan sekitar serta mampu bersinergi dengan BNN guna menanggulangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba khususnya di Kabupaten Pangandaran.

“Dan kepada pemerintah daerah, Kabupaten Pangandaran mempunyai garis pantainya semakin terjaga dengan berbagai upaya lebih baik sehingga ke depan semakin aman dari peredaran gelap narkoba,” tegas Ridwan.

Sementara, ketua GenRe Kabupaten  Pangandaran Arif Hikmawan Wiradinata mengatakan, kegiatan GenRe menjadi pembekalan agar khususnya kondisi anak muda selalu terjaga tidak terpapar kecanduan segala jenis narkotika.

“Banyak kabupaten lain yang memiliki destinasi parawisata, namun  pengguna narkotikanya cenderung rendah, kami berharap pangandaran-pun seperti itu," ucap Arif.

Kabupaten Pangandaran merupakan daerah tujuan wisata terbaik di jawa barat, maka kata Arif Gendre ingin membentuk kaum milenial agar memiliki karakteriatik anti narkoba paling tidak jauh dari prilaku yang sipatnya negatif. Dan untuk itu ia berharap pemda mampu memberikan program dengan  mengalokasikan anggaran supaya edukasi, pelatihan dan lain sebagainya untuk remaja tepat pada sasaran.

“Kami pun mengusulkan agar secepatnya di Kabupaten Pangandaran ada kantor BNN," ucap Arif lagi. (PNews)

Related

berita 3964471427671739010

Posting Komentar

emo-but-icon

item