KEDATANGAN PPKL KEMENKOP UKM DIHARAPKAN KOPERASI DI PANGANDARAN BISA BERGAIRAH LAGI

PANGANDARANNEWS.COM – Untuk membangkitkan semangat koperasi yang ada di daerah, beberapa hari lalu Kementerian Koperasi dan UKM menurunkan  Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) ke Kabupaten Pangandaran.

Demikian disampaikan Kabid Koperasi dan UMKM di Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Pangandaran Tina Maryana kepada sejumlah awak media.

Kata Tina sebanyak 3 PPKL yang mempunyai tugas pokok dan fungsi penyuluh itu melakukan penyuluhan kepada sejumlah pengurus koperasi, serta melakukan pendataan dan pendampingan kepada masyarakat yang akan bergabung atau berminat untuk mendirikan koperasi.

“Di era modern ini memang keberadaan koperasi hampir kalah saing oleh aplikasi on line dan lembaga lainnya, ”ujar Tina. (25/3/).

Agar semangat koperasi tetap tumbuh dan tertanam di masyarakat, maka kata Tina perlu pendampingan yang maksimal secara professional dan maksimal dari petugas yang berkompeten, sehingga melalui aktivitas berkoperasi, azas kekeluargaan dan gotong royong di masyarakat akan terpupuk dengan baik. 

“Karena koperasi ini merupakan soko guru perekonomian Indonesia, “imbuhnya.

Tina juga menyampaikan data koperasi yang tercatat saat ini di Kabupaten Pangandaran, dari 211 yang aktif hanya 83 koperasi saja.

Tina menjelaskan barometer kondisi koperasi sehat dan tidak sehat terukur dari kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT), dan setelah dilakukan observasi ternyata hanya 83 koperasi yang aktif rutin menggelar RAT.

Masih kata Tina, jenis koperasi yang ada di Pangandaran diantaranya koperasi simpan pinjam, koperasi produksi, koperasi konsumsi dan koperasi serba usaha.

“Saya berharap dengan datangnya PPKL dari Kementerian Koperasi dan bisa memulihkan kembali kondisi koperasi di Kabupaten Pangandaran,  “pungkasnya. (PNews)


Related

berita 7981796603858084049

Posting Komentar

emo-but-icon

item