WAKIL BUPATI TASIKMALAYA HADIRI PENANAMAN 50 RIBU POHON KOPI DI AREA WISATA BUKIT PATOK GUNUNG LUKUN DESA TENJOWARINGIN

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS - Wakil Bupati Kabupaten Tasikmalaya H. Cecep Nurul Yakin siang tadi menghadiri launching penanaman 50 ribu pohon kopi yang dilaksanakan Masyarakat Desa Hutan (MDH) bertempat di  Desa Tenjowaringin Kecamatan Salawu.(18/10)

Dalam acara yang dihadiri plt. Kadisperpakan Nuraedidin, Forkopimcam Salawu, Stakeholder pertanian dan undangan lainnya wakil bupati berpean agar gerakan penanaman pohon kopi ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Wakil bupati menambahkan, pembangunan di era ekonomi seperti sekarang ini daerah harus memiliki perencanaan pembangunan regional yang sangat baik dan didasarkan pada potensi yang ada pada daerah itu sendiri, sehingga dalam suatu perencanaan tersebut dibutuhkan teknik analisis ekonomi untuk mengetahui keunggulan komparatif dan berdaya saing harus dimiliki setiap daerah. 

“Keunggulan ini dapat dikembangkan dalam perencanaan sektoral dengan menentukan sektor-sektor unggulan yang dapat dijadikan potensi dalam perkembangan perekonomian daerah, “kata Wabup. 

Dalam proses pembangunan, kata wabup pemerintah daerah mempunyai peranan penting karena  lebih mengetahui potensi dan sumber daya baik manusia dan alam yang dimiliki oleh daerahnya sendiri. 

Dan peranan sektor pertanian dalam pembangunan ekonomi, lanjut wabup sangat penting karena sebagian besar masyarakat Kabupaten Tasikmalaya ada di sektor pertanian. 

Selain hal tersebut menurut wabup, pembangunan pertanian merupakan bagian penting dan tidak dapat terpisahkan dari pembangunan nasional, sebab sektor pertanian telah memberikan peranan yang cukup strategis dalam perekonomian nasional. Dan hal ini dapat diketahui dari lima aspek dinamis kerja sektor pertanian sebagai penyedia bahan pangan penduduk, seperti menyerap tenaga kerja terbesar,  pemasok bahan mentah bagi produksi dan penghasil devisa  pemerataan pendapatan melalui pembangunani menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yang bertujuan, untuk mengetahui keterkataitan antar komoditas.

“Sekto pertanian kita juga dapat berdampak ganda output dan pendapatan serta mengetahui dampak penyebaran dan koefisien penyebaran terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tasikmlaya dengan menggunakan aoutput yang digunakan meliputi data input langsung, :terang wabup. (ANWARWALUYO)



 

Related

TASIK NEWS 7556369442802728917

Posting Komentar

emo-but-icon

item