CAPAIAN VAKSINASI 73 PERSEN KINI PANGANDARAN MASUK KE PPKM LEVEL 1

PANGANDARANNEWS.COM – Target vaksinasi sudah mencapai 73 % kini Kabupaten Pangandaran masuk pada PPKM level 1, penetapan level ini dengan berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan ditambah dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1 (satu) dan vaksinasi dosis 1 (satu) lanjut usia di atas 60 (enam puluh) tahun dari target vaksinasi. 

Penurunan level Kabupaten/Kota dari level 2 menjadi level 1, dengan capaian total vaksinasi dosis 1  minimal  70% serta capaian vaksinasi dosis 1 lanjut usia di atas 60 tahun minimal 60%.

Bupati Kabupaten Pangandaran, Jeje Wiradinata membenarkan, dengan turunnya Intruksi Menteri Dalam Negeri nomer 53 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3, level 2, dan level 1 corona virus disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali, Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar masuk ke PPKM level 1.

Jeje mengtakan, ada dua indikator hal yang menjadi Pangandaran turun ke leverl 1, diantaranya asesmen kesehatan nol kasus dan capaian vaksinasinya sudah 73%.

“Saya kira capaian luar biasa ini bukan karena bupatinya hebat tapi merupakan hasil kerjasama yang baik semua pihak, seperi SKPD, Camat, dokter, Tenaga Kesehatan, pemerintah desa hingga RT-RW, “ucap Jeje.(19/10)

Tapi menurut Jeje, ia selalu mengatakan bahwa targetnya kerjasama yang baik ini bukan semata leveling karena jika tujuannya leveling maka ini aka berhenti pada target capaian vaksinasi 70 %. 

Dan 73% persen  ini kata Jeje merupakan jumlah akumulasi se-kabupaten hasil dari  kontribusi capaian di tiap-tiap kecamatan atau desa yang tidak merata,  contohnya di desa A capaiannya 75 % sementara desa lainnya masih 35 % dan ini tentu masih rawan.

“Leveling, ya..karena ini merupakan strategi pemerintah pusat dan terintegral hingga ke pemerintah daerah, “kata Jeje.

Jeje mengatakan, angka capaian vaksinasi 70 persen ini harus merata sampai di tingkat RT, pasalnya jika masih belum merata maka masih akan sulit terbentuknya kekebalan komunal.

Jeje menegaskan, tujuan akhir dari upaya ini adalah bagaiana pemerintah melindungi kesehatan masyarakat seutuhnya dan tidak terbatas hanya leveling dengan salah satu indikatornya capaian vaksinasi.

“Jika tujuan kita hanya pada leveling saja maka kini Kabupaten Pangandaran sudah ada pada level , tapi sekali lagi saya tegaskan esensi kita bukan pada leveling melainkan bagaimana cara elindungi kesehatan masyarakat seutuhnya, “ujarnya. (PNews)


Related

berita 8043154230806779428

Posting Komentar

emo-but-icon

item