JUMLAH PASIEN COVID-19 TERUS MENINGKAT PEMKAB PANGANDARAN SIAPKAN REKRUTMEN RELAWAN KESEHATAN


PANGANDARANNEWS.COM  - Sehari sebelum  penerapan PPKM darurat jumlah pasien covid-29 di RSUD Pandega Pangandaran terus meningkat hingga mencapai71 persen dari ketersediaan tempat tidur.

Hingga hari Jumat (2/7) sudah mencapai 110 pasien sementara jumlah total tempat tidur sebanyak  154.unit.

Bupati Kabupaten Pangandaran H Jejej Wiradinata mengatakan, pada awalnya RSUD mempunyai 80 tempat tidur tapi karena pasien terus bertamabh maka ada penambahan menjadi 154.

jika angka BOR sudah melewati angka 80 persen, maka kata Jeje, ia pun menyiapkan pilihan untuk menjadikan RSUD Pandega menjadi rumah sakit khusus COVID-19,  sementara  untuk pasien umum akan dialihkan ke Puskesmas Kecamatan Pangandaran.

"Di Puskesmas itu tersedia 40 tempat tidur dan peralatan lainnya juga akan dipindah ke sana," kata Jeje, usai rapat koordinasi penerapan PPKM darurat di aula kantor bupati, di Parigi.(2/7)

Disoal ketersediaan tenaga kesehatan (nakes), Jeje mengatakan Pemkab Pangandaran sekarang sedang menyiapkan proses rekruitmen relawan tenaga medis, larena nakes yang ada dianggap kurang. Selain akibat beban kerja, kekurangan nakes ini juga karena banyak yang terpapar.

Saat ini nakes sudah kurang, baik perawatan maupun petugas pemeriksaan sampel.

"Sehingga perlu ada penambahan dan kita akan rekrut relawan, relawan tapi diberi honor, " ungkap Jej.

Lebih lanjut Jeje mengatakan, langkah- angkah penanganan ini tentu harus dibarengi dengan ketersediaan anggaran sehingga Pemkab Pangandaran kembali akan melakukan refokusing APBD.

"Saat ini kita harus fokus dulu tangani kesehaan masyarakat, " imbuhnya. (PNews)

Related

berita 850017852840088771

Posting Komentar

emo-but-icon

item