HARI INI GUBERNUR JABAR LANTIK BUPATI-WAKIL BUPATI PANGANDARAN DAN 5 KEPALA DAERAH LAINNYA

PANGANDARANNEWS.COM  - Hari tepat jam 9.00WIB Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kami atas nama Presiden RI melantikan Bupati Panganaran H Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati H. Ujang Endin Indrawan, bersama 5 Kepala Daerah lainnya (Kabupaten Karawang, Sukabumi, Indramayu, Pangandaran dan Kota Depok) hasil Pilkada tahun 2020 untuk masa jabatan tahun 2021-2026 di Gedung Merdeka Jalan Asia-Afrika nomer 65 Braga Kota Bandung.(26/02)

Seperti diktehui, ada 8 daerah yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jawa Barat, tapi hanya 5 kepala daerah yang dilantik hari ini karena 3 kepala daerah lainnya masih terkendala terkait putusan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Di depan seluruh kepala daerah yang baru dilantik, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kami dalam sambutannya berpesan, setelah pelantikan ini segera bisa memanfaatkan kewenangan dan jabatannya untuk kemajuan daerah maising-masing secara maksimal.

 Ada tiga pesan yang difokuskan gubernur, benteng kepemimpinan yang pertama adalah integritas karena dalam perjalanan kepemimpinan nanti akan banyak sekali godaan, maka selalu kuatkan niat. 

“Menjadi pemimpin semata-mata untuk bisa memberikan manfaat dan tugas pemimpin setiap hari mengambil keputusan, oleh karena itu titip jaga integritas, “tegas gubernur.

 Sejarah sudah mbuktikan banyak pemimpin berguguran karena jebolnya benteng integritas, sehingga menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, integritas ini harus menjadi sistem oleh di daerah da di dalam birokrasi jajaran pemerinatah. 

Yang kedua, layani mayarakat dengan ikhlas dan sepenuh hati, karena ada masyarakat yang paham, susah paham ada yang cepat mengerti ada yang lambat mengerti sehingga diperlukan kesabaran dan rasa sayang. Maka jadilah pemimpin yang turun tangan bukan pemimpin yang hanya bisa tunjuk-tunjuk tangan, jadilah pemimpin yang memberikan solusi bukan hanya basa meminta-minta.

 “Melayani sepenuh hati harus menjadi sebuah gaya hidup para pemimpin, “kata Emil.

Yang ketiga, lanjut Emil, profesional, sekarang jaman sudah berubah dan saat ini dunia sedang diinterupsi oleh covid, oleh karena itu tidak bisa lagi menggunakan logika-logika lama dalam menghadapi dunia pasca covid. Beradaptasilah dengan segala teknologi dan cara agar tetap bisa produktif tanpa mengandalkan pola-pola lama.

 Emil menyebut ada 7 ekonomi Jawa Barat yang harus direspon pasca covid, pertama harus semangat menjadikan daerahnya jadi pusat investasi karena pemprova bertekad menjadi salah satu provinsi juara di asean. 

Kedua, bersemangatlah menjadi daerah swasembada karena pangan merupakan ekonomi yang kuat dan tangguh walau pun diinterupsi covid, maka pada dareah-daerah yang saat ini masih banyak lahan yang kosong, segera manfaatkan produktipitasnya.

Ketiga, fokus pada rformasi kesehatan pasalnya covid telah mengajarkan kalau dalam benteng kesehatan rapuh maka mengporkporandakan seluruh dimensi, tidak cukup hanya dengan puskemas atau rumahsakit, maka pemerinatah juga harus fokuskan dalam pencpaian reformasi kesehatan.

“Yangberikutnya adalah ekonomi for point o, ekonomi digital, ekonomi hijau dan terakhir pariwisata lokal, “jeas Emil lagi. 

7 ekonomi baru ini, kata Emil, mudah-mudahan bisa dipahami sebagai cara pandang baru di daerah dengan beradaptasi pada profesionalisme. 

Emil menambahkan, tuga provinsi untuk adalah membimpng jika ada hal-hal di daerah yang butuh bimbingan dan masukan karena dengan senang hati pintu Gedung Ste selalu terbuka karena kebahgiaan rakyat di wilayah masing-masin merupakan kebahagiaan pemangku kepentingan di provinsi.

Emil juga menitipkan agar daerah bisa ikut mensukseskan program vaksinasi sehingga tahun 2021 menjadi tahun sukses pemulihan ekonomi dan penurunan pandemi.

“Sekali lagi, selamat bekerja jangan lupa tidak ada keberhasilan tanpa perlindungan doa dalam setiap langkah ikhtiarkan bahwa hari ini harus lebih bermanfaat keputusan harus maslahat tapi jangan lupakan doa’ sebagai pelindung ikhtiar kita, “pungkasnya. (PNews)





Related

berita 7861145822518559069

Posting Komentar

emo-but-icon

item